Sekilas Info

Mulai 1 Agustus Pelni Jual Tiket Sesuai Tempat Tidur

IST

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Terhitung mulai 1 Agustus 2019, PT. Pelni (Persero) hanya menjual tiket sesuai dengan tempat tidur yang tersedia di kapal.

“Jadi sudah tidak lagi menjual tiket nonseat kepada para calon penumpang yang akan bepergian menggunakan jasa kapal laut milik PT.Pelni,” kata Kepala Bagian Oprerasional PT. Pelni Cabang Ambon Djasman, kemarin.

Karena itu, para calon penumpang agar merencanakan perjalanan dan membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kapal, jangan mendadak karena bisa saja tiket habis.

“Pembelian tiket juga dapat dilakukan di loket Kantor Pelni, Travel Agent dan Aplikasi Pelni Mobile di handphone,” ujarnya.

Selain itu, pembelian tiket juga sesuai dengan identitas (KTP/SIM/KK/Paspor) serta nomor handphone.

Djasman a menjelaskan, aturan baru ini bukan terkait dengan adanya penjualan tiket di atas kapal, tetapi masalahnya pada nonseat yang dijual selama ini tanpa mendapatkan tempat tidur.

“Misalnya kapal Pelni dengan kapasitas 1.000 tempat tidur, selama ini dijual 1.100 itu berarti yang mendapat tempat tidur hanya 1.000 penumpang saja sedangkan 100 tidak mendapat tempat tidur itu yang dikatakan nonseat,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini hanya 1.000 penumpang yang memiliki seat saja yang berangkat, 100 penumpang itu tidak diberlakukan lagi karena nonseat, maka tunggu keberangkatan selanjutnya.

Djasman memastikan tidak ada penjualan tiket di atas kapal dalam perjalanan, sebab penjualan tiket sudah sesuai dengan komputerisasi (sudah tersistem).

“Tidak ada yang namanya tiket yang sembarang cetak. Begitu tiket yang terjual sesuai dengan seat di atas kapal kapasitas hanya 500, maka jumlah itu saja yang terjual, tidak bisa mencetak lebih dari 500,” ujarnya.

Mengantisipasi hal-hal yang demikian, Pelni akan memperkuat keamanan, dan juga pemberlakuan ini akan diumumkan di media massa.
(AN/KT)

Penulis:

Baca Juga