Sekilas Info

Mahasiswa Kuliah Lapangan di Perusahaan Tambang di Malut

Antaranews.com

KABARTIMURNEWS.COM,TERNATE - Mahasiswa Fakultas Teknik Pertambangan  Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara  menggelar kuliah lapangan di perusahaan tambang Harita Nickel Division untuk pelajari kegiatan eksplorasi dan penggalian tanah untuk mendapatkan ore dengan kadar nikel.

“Selain itu, kuliah lapangan untuk memahami pelaksanaan tahap-tahap reklamasi yang membuat area pascatambang menjadi asri kembali,” kata Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Unkhair, Irham Galela dihubungi dari Ternate, Rabu.

Kegiatan yang berlangsung di Site Kawasi, Kabupaten Halmahera Selatan, melibatkan 10 mahasiswa, tiga dosen dan beberapa perwakilan departemen Harita Nickel yang memberikan materi seputar pertambangan.

Menurut dia, dalam kuliah lapangan ini, mereka mendapatkan penjelasan konsep good mining practice (GMP) yang menjadi pedoman Harita Nickel Division dalam melakukan kegiatan pertambangan.

Bahkan, beberapa pemaparan program kerja yang berkaitan dengan lingkungan (environment), keamanan dan keselamatan (safety), mine plan engineering (MPE) serta corporate social responsibility (CSR) membuat pengetahuan mahasiswa terhadap pertambangan semakin luas dan penjelasan itu juga kian meyakinkan para peserta Kuliah Lapangan bahwa operasi tambang yang dilakukan Harita Nickel Division berlangsung secara berkesinambungan dan bertanggung jawab.

Kuliah Lapangan ini tidak semata-mata berlangsung di dalam ruangan, setelah mendapat pemaparan teori dari para ahli, para peserta yang sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) itu pun mendapat kesempatan mengelilingi area tambang untuk melihat secara langsung berbagai proses pertambangan nikel. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga