Sekilas Info

Harga Sembako Sudah Meroket, DPRD: Disperindang Mana?

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, dianggap molor dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mengawasi dan mensterilkan harga-harga barang dan bahan pokok di Kota Ambon. Imbasnya jelang Ramadhan 2019 banyak harga barang yang melonjak drastis.

Ketua komisi II DPRD Kota Ambon, John Mainake, membenarkan adanya kenaikan harga barang dan bahan pokok di pasaran salah satunya di pasar Mardika Ambon.

"Memang benar, banyak harga bahan pokok yang melonjak naik. Saya sendiri yang turun langsung di pasar. Harga bahan pokok seperti bawang saja harganya sudah sangat mahal, bisa mencapai Rp 80 ribu per kilo," keluh John, Selasa (7/5)

Melihat banyak harga sembako yang naik secara sepihak dalam Ramadhan, Jhon mengatakan, pihaknya pihaknya mempertanyakan dimana peran Disperindag. Harusnya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, segera turun dan langsung melakukan inspeksi guna mensterilkan kembali harga yang sudah terlanjur meresahkan warga.

"Disperindag Kota Ambon, harus segera turun untuk meninjau harga yang naik di pasaran. Ditakutkan jangan sampai seluruh harga barang yang naik ini dilakukan hanya dalam bulan Ramadhan saja. Kalau sudah seperti ini berarti namanya sepihak, dan itu menyengsarakan rakyat, jadi Disperindag harus bergerak cepat atasi persoalan ini,"paparnya.

Mainake juga mengatakan, dalam menyikapi persoalan kenaikan harga barang dan bahan pokok di Kota Ambon, saat bulan Suci Ramadhan 2019, maka Komisi II telah menjadwalkan untuk segera melakukan pertemuan dengan Disperindag kota Ambon pada Kamis (9/5).

"Jadi pada hari Kamis nanti Komisi akan melakukan pertemuan dengan Disperindag z guna membahas kenaikan harga barang yang melonjak naik. selain itu kami akan minta kepada Disperindag untuk meninjau juga stok bahan pokok selama bulan purnama di Kota Ambon, sebab itu yang terpendam,"Jelasnya.

Bahkan sambungnya, usai melakukan pertemuan dengan Disperindag pada Kamis besok, pihaknya juga telah bersepakat guna melakukan On The Spot ke seluruh pusat perbedaan yang ada di kota Ambon, baik di Supermarket , Mini market, serta seluruh pasar yang ada di Kota Ambon.

"Seluruh teman komisi telah bersepakat untuk kita semua turun langsung ke pasar guna melihat harga barang yang melonjak naik dan menyengsarakan rakyat. mungkin setelah rapat dengan Diaper baru kita jadwalkan agenda turun pasar yang dilakukan Komisi. kira-kira dalam waktu dekat sudah dilakukan,"Paparnya. (Mg5)

Penulis:

Baca Juga