Sekilas Info

Pertahankan Penjabat Desa Sama Saja Cari Masalah

IST

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON – Beberapa persoalan dalam lingkup pemerintahan desa/negeri di Kota Ambon disebabkan kurangnya sinergitas antara Pemkot dan masyarakat. Salah satu contoh adalah, masalah intervensi pejabat raja maupun kepala desa yang ditentukan pemerintah namun tidak sesuai dengan keinginan rakyat.

Wakil ketua Komisi I DPRD Kota, Rovik Akbar Afifudin mengatakan persoalan tersebut bukanlah suatu masalah yang harus dibiarkan secara berlarut-larut tengah masyarakat.

"Ada beberapa negeri dan desa di Kota Ambon yang sampai saat ini belum memiliki raja atau kepala desa, dan masih dipimpin oleh pejabat yang ditunjuk oleh Pemkot. Mirisnya hampir semua pejabat desa maupun raja yang ditunjuk pemerintah, tidak direstui masyarakat, "jelasnya.

Jika terus dibiarkan seperti itu, sambungnya, sama saja Pemkot Ambon membangun masalah Interes ditengah-tengah masyarakat Kota Ambon.

" Padahal jalan keluarnya sederhana, Pemkot tinggal mengikuti permintaan masyarakat saja tentang siapa yang harus ditunjuk sebagai pejabat," jelasnya.

Untuk itu, sambungnya, kedepan, diharapkan Pemerintah Kota Ambon, jangan lagi terus menunjuk pejabat sementara yang tidak sesuai dengan hati rakyat untuk memimpin suatu desa ataupun negeri.

"Tugas pejabat desa ataupun negeri itu yakni mereka harus memfasilitasi agar secepatnya proses pemilihan raja atau kepala desa bisa secepatnya dilakukan. Bukan memimpin pemerintahan selama bertahun-tahun, "jelasnya.

Dia juga menegaskan, sudah menjadi tugas wajib Walikota Ambon, untuk mendefinitivkan seluruh pimpinan desa dan negeri yang belum memiliki Raja dan Kepala desa.

"Ini bukan harus diingatkan lagi, hukumnya wajib sebab itu tugas Walikota," tegasnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat, Komisi I akan mengagendakan pertemuan dengan pemerintah Kota Ambon, guna membicarakan kepastian untuk kapan seluruh desa dan negeri bisa memiliki kepala desa dan raja defenitiv. "Kami akan undang Pemkot guna membicarakannya," paparnya.

"Kami akan undang Pemkot Ambon sebab semua persoalan ini bisa diselesaikan jika pertemuan kita lakukan bersama Pemkot dan seluruh pihak terkait dalam hal ini perwakilan masyarakat yang belum memiliki raja/kepala desa, pihak kecamatan terkait, kelurahan terkait, agar semuanya bisa jelas, "jelasnya. (Mg5)

Penulis:

Baca Juga