Sekilas Info

Kapolda Jamin Pengamanan BBM Satu Harga

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Polisi Royke Lumowa menjamin pengamanan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) Satu Harga di Provinsi Maluku.

"Kami menjamin penuh kontinuitas penyaluran BBM Satu Harga ke lembaga penyalur di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Maluku," katanya di Ambon, Sabtu (23/2).

Ia mengatakan jajaran Polda Maluku sampai ke babinkamtibmas mendukung BBM Satu Harga karena program itu menyejahterakan masyarakat. "Jika masyarakat sejahtera maka kedamaian akan terciptanya dan tidak ada gangguan kamtibmas," katanya.

Polda Maluku dan jajaran, akan mengawasi penyaluran dan penjualan BBM Satu Harga di setiap lembaga penyalur agar sesuai dengan banderol, tanpa ada tambahan harga lainnya. "Jika hal ini diawasi dengan baik maka ke depan program ini akan terus berjalan sesuai harapan, demi tujuan utama kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia mengatakan transportasi merupakan urat nadi perekonomian, karena itu jika harga bahan bakar tinggi tentunya mengganggu kamtibmas.

Sektor transportasi, kata dia, berperan dalam menghubungkan suatu daerah atau pulau dengan lainnya, sehingga aktivitas perekonomian dapat berjalan secara lancar. Selain itu, berperan dalam merangsang pertumbuhan ekonomi daerah tertingal.

"Transportasi berperan dalam menggerakkan dinamika pembangunan melalui mobilitas manusia, barang dan jasa serta mendukung pola distribusi sehingga harus ditunjang dengan stok bahan bakar yang cukup," kata mantan Kakorlantas Polri.

Royke juga mengharapkan program itu juga didukung pemerintah daerah dan masyarakat, karena manfaat program tersebut tentunya akan kembali kepada masyarakat.

"Pemerintah daerah dan masyarakat harus bersama-sama mendukung program ini, jika ada yang salah segera laporkan terutama jika terjadi spekulasi harga, terutama untuk BBM bersubsidi. Yang tidak berhak janganlah menggunakan karena ini untuk masyarakat miskin," tandas mantan Kapolda Papua Barat.

Pekan kemarin, PT Pertamina (Persero) kembali menyalurkan BBM di wilayah 3T di Provinsi Maluku. BBM Satu Harga hadir di Desa Waemangit, Kecamatan Air Buaya, Kabupaten Buru.

Peresmian BBM Satu Harga di Desa Waemangitmerupakan ke-39 di wilayah MOR VIII Maluku-Papua, yakni SPBU 86,975,26 .

“Dan di Maluku merupakan yang ke lima sejak pemerintah mencanangkan program Satu Harga," kata kata General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Ferbrian di Namlea, Jumat (22/2).

April 2019, Pertamina BBM Satu Harga terealisasi di 12 titik lokasi di wilayah MOR VIII, diantaranya di provinsi Maluku, yakni kabupaten Maluku Barat daya Pulau Moa dan Leti, serta Kabupaten Seram Bagian Timur.

Penyediaan BBM di SPBU Kompak Kecamatan Air Buaya,Buru telah beroperasi sejak 28 September 2018.

Pasokan BBM dari Terminal BBM Namlea sejauh kurang lebih 100 Km atau sekitar kurang lebih tiga jam jalan darat dengan alokasi perbulan sekitar 60 Kiloliter (KL) untuk Premium dan Solar sebanyak 20 KL. SPBU tersebut akan melayani sekitar 2.825 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 11.299 jiwa. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga