Sekilas Info

Disdag Berbenah Hadapi Penilaian DTU

Jantje Latuperissa | KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Buru Selatan terus berbenah menjelang penilaian Daerah Tertib Ukur (DTU) oleh Kementerian Perdagangan. Rencananya penilaian DTU dilakukan tahun ini.

“Kita sementara melakukan persiapan menghadapi penilaian DTU oleh tim penilai dari Kementerian Perdagangan, salah satunya menyiapkan data-data pendukung terkait hal dimaksud,” kata Kepala Disdag Kabupaten Buru Selatan, Jantje Latupeirisa dihubungi Kabar Timur, Selasa (12/2).

Pendataan dilakukan Disdag berkaitan dengan DTU di sejumlah instansi, salah satunya PT PLN (Persero).

“Misalnya PLN harus memberikan data terkait batas waktu pemasangan dari tahun berapa dan berakhirnya kapan per kecamatan di Kabupaten Buru Selatan. Kita mesti mendapat data agar bisa mendukung dalam penilaian,” kata Latupeirisa.

Disdag juga melakukan sosialisasi dengan stakeholder agar dapat memahami kegiatan meterologi. “Sosialisasi ini penting kepada masyarakat untuk dipahami agar mereka tidak dirugikan akibat kesalahan pengukuran,” jelasnya.
Objek apa saja yang dinilai oleh tim Kementerian Perdagangan terkait DTU, Latupeirissa menyatakan tergantung banyaknya pelaksanaan alat ukur di Bursel.

Menghadapi DTU, alat ukur yang dimiliki Disdag juga akan dibawa ke Makassar untuk dilakukan kalibrasi sehingga benar-benar teruji keakuratannya. “Alat ukur takar dan timbang sesuai dengan kemampuan peralatan yang ada di sini dibawa ke Makassar untuk dikalibrasi,” ungkapnya.

Latupeirisa melanjutkan, Maret 2019 tim dari Kementerian Perdagangan akan diundang untuk melakukan  rapat sebelum dilakukan penilaian. “Kita akan bentuk panitia yang akan diketuai Asisten I terkait penialaian DTU. Setelah itu Maret kita undang tim Kementerian Perdagangan rapat dengan kita,” kata Latupeirisa. Menurutnya, langkah ini ditempuh agar tim dapat memberikan secara detail terkait kesiapan untuk penilaian DTU. (KTL)

Penulis:

Baca Juga