Sekilas Info

33 Mesin ATM Belum Dapat Difungsikan

Kebakaran di Gedung Telkom Ambon

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Sebanyak 33 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik sejumlah bank di Kota Ambon, belum dapat difungsikan oleh masyarakat.

Belum berfungsinya puluhan ATM tersebut lantaran masih terjadinya gangguan jaringan internet di Kota Ambon, pasca- kebakaran Kantor PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, di Jalan Pattimura Ambon, Selasa (5/2).

General Manager PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk wilayah Maluku, Haris Setiawan mengatakan, puluhan mesin ATM yang belum berfungsi itu umumnya menggunakan jaringan kabel tembaga. “Ada 33 ATM yang belum berfungsi saat ini, itu yang menggunakan jaringan kabel tembaga,” kata Haris di Ambon, Rabu (6/2). Kata dia, untuk ATM yang menggunakan jaringan kabel optik saat ini sudah bisa berfungsi kembali. Sementara, puluhan ATM yang menggunakan jaringan kabel tembaga belum dapat difungsikan.

“Kami akan pantau terus karena titik-titik ATM di kami itu terpantau, dia mati dan mati kapan, itu terpantau,” ujar Haris.

Saat ini, lanjut Haris, pihaknya sedang mengganti jaringan kabel tembaga yang tersambung di 33 ATM tersebut dengan kabel optik agar dapat segera difungsikan lagi. "Karena yang gunakan jaringan kabel tembaga itu memang terlalu lama hidupnya, jadi kita ganti dengan kabel FTTH, kalau yang pake kabel optik itu semuanya sudah berfungsi,” ujarnya.

Selain ATM, dia menyebut, saat ini gangguan di sejumlah bank dan instansi pelayanan yang menggunakan jaringan internet sudah berfungsi kembali. ”Kalau yang pakai indihome itu sudah pasti normal kembali pelayanannya,” kata Haris. Diberitakan sebelumnya, kebakaran yang menghanguskan dua gedung PT Telkom di Jalan Pattimura, menyebabkan peralatan penting milik Telkomsel yang berada di gedung belakang kantor utama hangus terbakar.

Kejadian itu membuat jaringan internet dan komunikasi di Ambon dan Maluku lumpuh total dan baru berfungsi Selasa sore. (KT)

Penulis:

Baca Juga