Sekilas Info

Kapal Berpenumpang 91 Orang Nyaris Celaka di Perairan Banggai

KABARTIMURNEWS.COM, TALIBU - KM Sumber Raya 03, yang membawa 82 penumpang dan 9 orang ABK dari Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah tujuan Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, nyaris kandas di perairan Banggai Kepulauan akibat diterjang gelombang besar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon melalui siaran pers yang diterima di Ternate, Rabu, menyebutkan setelah salah seorang penumpang KM Sumber Raya 03 menghubunginya, pada Rabu (9/1) tim langsung bertolak dan kemudian berkoordinasi dengan Basarnas Luwuk, BPBD Banggai Laut, Banggai kepulauan dan Basarnas Palu.

Kapal berpenumpang 82 orang dan 9 orang ABK tersebut bertolak dari Pelabuhan Rakyat Luwuk pada 8 Januari 2019 malam. Akibat cuaca ekstrem yang tengah melanda wilayah perairan Banggai dan Banggai Kepulauan mengakibatkan KM Sumber Raya 03 mengalami bocor di lambung kapal.

Melihat situasi kapal, kapten kapal berusaha mendekati pantai lalu meminta pertolongan warga. Para penumpang pun diturunkan ke darat, sementara kapal masih dalam kondisi bocor dan terdampar di tepi pantai.

"Setelah mendapatkan informasi itu, pada pukul 03.35 WITA tim Basarnas Palu Pos Luwuk langsung bergerak ke lokasi dengan menggunakan 1 unit KN 204, 1 unit perahu karet dan peralatan SAR pendukung lainnya. Namun saat tim tiba di lokasi, seluruh penumpang sudah berhasil dievakuasi warga ke darat," ujar Sutomo.

Oleh karena itu, kata dia, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan para penumpang apakah mereka mau melanjutkan perjalanan ke Banggai Laut, atau ke Taliabu atau kembali ke Luwuk dan nanti akan disampaikan kembali perkembangannya," kata Sutomo.

Sementara itu, Kasubbag Humas Basarnas Ternate, Iksan M Nur ketika dihubungi terpisah membenarkan KM Sumber Raya 03 tujuan Luwuk-Taliabu karam akibat diterjang gelombang laut dan saat ini telah ditangani Basarnas Palu, Sulawesi Tengah. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga