Sekilas Info

Jelang Natal & Tahun Baru, Stok Ikan Cukup

Steven Patty

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru, Dinas Perikanan Kota Ambon memastikan stok ikan untuk kebutuhan konsumusi masyarakat masih cukup.

Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon Steven Patty menjelaskan, berdasarkan hasil rapat bersama Tim Penanggulangan Inflasi Daerah dan Dinas Perikanan Provinsi Maluku, stok ikan menjelang Natal dan Tahun Baru, aman.

"Stok ikan untuk memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru ketersediaannya sangat cukup," kata Patty di kantornya, Rabu (28/11).
Setiap colds torage di tempat penyimpanan ikan di Kota Ambon, yakni di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Eri dan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon akan menyiapkan stok ikan mengantispasi gejolak harga ikan.

"PPI Eri sebanyak 25 persen dipersiapkan untuk operasi pasar. Sedangkan PPN Ambon dan sekitarnya yang punya provinsi disiapkan 10 persen untuk stok," ujarnya,

Menurut Patty, stok ikan cukup karena cuaca saat ini sangat mendukung sehingga mempengaruhi hasil tangkapan ikan. "Dengan cuaca yang sangat mendukung stok produksi ikan sekarang melimpah," kata Patty.

Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan untuk mencegah gejolak harga ikan dengan melakukan operasi pasar.
"Papalele yang jual ikan sumber ikannya dari situ (PPI Eri dan PPN Ambon). Jadi kalau mereka (pedagang) ada yang nakal kita operasi pasar dan kita yang langsung tahan. Kita mau konsumen mendapat harga ikan yang terjangkau dengan kualitas yang sama," tegasnya,

Dinas Perikanan juga akan mengarahkan penjual ikan menggunakan timbangan untuk transaksi. (MG2)

Penulis:

Baca Juga