Sekilas Info

Guru di Bursel Minta Tunjangan Sertifikasi Dibayarkan

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM,NAMROLE - Sejumlah guru sertifikasi di Kabupaten Buru Selatan, mengeluh. Dana sertifikasi triwulan terakhir tahun 2017, belum dibayarkan.

“Kita belum terima dana sertifikasi triwulan terakhir 2017, yakni bulan Oktober, November dan Desember,” ungkap sejumlah guru di Namrole, kemarin.

Hingga pertengahan tahun ini, belum ada kejelasan kapan tunjangan sertifikasi diberikan.  “Kok sampai pertengahan tahun ini, tunjangan sertifikasi triwulan terakhir 2017 belum juga kami peroleh,”  kata sejumlah guru yang meminta namanya tidak dikorankan.

Mereka mengaku tidak tahu pasti penyebab hak mereka tersebut belum juga dicairkan Pemerintah Kabupaten Bursel. Padahal   dana tersebut sangat mereka perlukan. “Jelas kita sangat butuh, apalagi saat ini kebutuhan semakin meningkat,” terangnya.

Mereka berharap kepastian pencairan dana sertifikasi disampaikan Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel. “Kalau ada kendala seharusnya kita diberi tahu. Kita sangat mengharapkan untuk kebutuhan keluarga maupun sekolah anak-anak kami,” tegas mereka.

Dinas Pendidikan Bursel dinilai yang paling bertanggung jawab, seharusnya dana tersebut sudah direalisasi kepada para guru bersertifikasi.

Sebab menurut mereka, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru menegaskan, guru sebagai profesi pendidik berhak mendapatkan hak-hak sekaligus kewajiban profesional. Dalam melaksanakan kewajiban profesional itu, pemerintah memberikan tunjangan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas profesionalitas guru.

Karena itu, harus digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan pribadi, keluarga, dan tidak kalah penting juga untuk meningkatkan pengembangan diri atau kompetensi sebagai guru.

Mereka meminta Bupati Tagop Sudarsono Soulisa dan Wakil Bupati Buce Ayub Seleky menyikapi hal itu. Kinerja Kepala Dinas Pendidikan Bursel dan anak buahnya harus dievaluasi. “Kita juga meminta DPRD Bursel tidak menutup mata terhadap masalah ini,” pungkas mereka.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel  Nataniel Soulisa tidak berhasil ditemui di kantornya, kemarin. Informasi yang diterima Nataniel berada di Desa Mangaswaen, Kecamatan Fena Fafan menghadiri acara keluarga. (KTL)

Penulis:

Baca Juga