Sekilas Info

Ini Agenda Kunjungan Presiden Micronesia di Ambon

IST

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Presiden Federal State Of Micronesia (FSM), Peter M. Christian  akan berkunjung ke Kota Ambon 21 Juli 2018 mendatang.

Micronesia merupakan negara federasi, terdiri dari empat negara bagian, mulai dari barat ke timur, yaitu Yap, Chuuk, Pohnpei dan Kosrae yang tersebar di seluruh Samudera Pasifik Barat.

Kedatangan Peter ke Tanah Air memenuhi undangan sebagai tamu negara Presiden RI Joko Widodo. Dalam kunjungan kenegaraan itu Peter akan mengunjungi Ambon, Ibukota Provinsi Maluku. Peter tertarik datang ke Maluku karena merupakan keturunan Maluku. Neneknya adalah orang Maluku. Dia merupakan generasi ketiga di Micronesia.

Selama di Ambon, Peter melakukan serangkaian kegiatan. Dia akan melihat sektor perikanan yang dimiliki Maluku. Dan memberikan kuliah umum di Universitas Pattimura Ambon serta mengunjungi home industry.

Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua menjelaskan, lokasi yang bakal dikunjungi Peter adalah kawasan Waiheru. Di Waiheru, Kota Ambon terdapat Balai Budidaya Perikanan dan keramba ikan.

“Beliau akan melihat langsung apakah memang betul bisa dibuktikan atau tidak, potensi ikan terbesar di Maluku,” kata Sahuburua di Kantor Gubernur Maluku, Senin (16/7), usai rapat lanjutan persiapan pemantapkan kunjungan Peter ke Ambon, Ibukota Provinsi Maluku.

Sahubutua berharap, mulai dari kedatangan hingga Peter kembali ke negaranya, berjalan aman dan lancar.  Rapat kedua persiapan kunjungan Peter dipimpin Sahuburua dihadiri Kodam Pattimura, Polda Maluku maupun dinas atau instansi terkait.

Di akhir kunjungannya Peter akan memberikan kuliah umum dihadapan  akademika dan mahasiswa Unpatti. “Untuk materi kuliah umum yang akan disampaikan beliau, kita belum tahu. Tapi, saya kira tentang kualitas sumber daya manusia,” pungkas Sahuburua. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga