Tidak Ada Alasan, Supir Angkot Wajib Divaksin

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette menegaskan, seluruh Supir Angkutan Kota (Angkot), wajib mengikuti penyuntikan Vaksin Covid-19, serta tidak ada alasan menolak.

“Mereka (supir Angkot) harus wajib divaksin.  Artinya kan, mereka melayani publik. Jadi Supir harus melindungi diri dari penyebaran corona ini dengan cara mengikuti vaksinasi, agar penumpang juga aman,” jelas Robby, Minggu (4/4) kemarin.

Menurut Robby, pihaknya akan berupaya seluruh Supir Angkot di Kota Ambon berjumlah kurang lebih 2000 orang itu, dapat divaksinasi.

“Supir Angkot yang telah divaksin belum sampai 200 orang. Sementara jumlah mereka seperti yang saya katakan itu, kurang lebih 2000 orang.  Nanti saya koordinasi lagi dengan Dinas Kesehatan agar bisa melakukan vaksinasi massal satu kali lagi, “ ujarnya.

Jika tidak bisa melakukan vaksin masal terhadap Supir Angkot, lantaran pertimbangan waktu operasi dari para pelayan jasa kendaraan umum roda empat itu, maka alternatif yang dipakai adalah vaksinasi gunakan metode “Drive Thru”.

“Kalau pertimbangannya Supir Angkot waktunya hanya digunakan mengemudi mencari penumpang, maka tetap kita lakukan vaksinasi pakai cara Drive Thru , atau dengan kata lain vaksin ditempat, tanpa Supir harus turun dari Angkotnya, “ jelas Robby.

Dalam proses Drive Thru yang sedang direncanakan itu, Robby mengaku, masih harus melakukan koordinasi terkait langkah-langkah lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon.

Jika proses Drive Thru telah dilakukan, selama beberapa kali di Kota Ambon, pihaknya langsung memberikan himbauan kepada seluruh Supir Angkot, bahwa yang tidak mau divaksin tidak diperbolehkan beroperasi.

“Kalau Drive Thru sudah dilakukan, maka itu tidak ada lagi alasan untuk Supir Angkot menolak penyuntikan vaksin. Dan kalau memang masih ada yang belum divaksin pasca penerapan Drive Thru , yah terpaksa kita harus melakukan razia, “ tutupnya.

(KTE)

Komentar

Loading...