Personil Basarnas Ambon Tingkatkan Kemampuan Selam

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Pelatihan selam (scuba dive) direncanakan akan menjadi agenda rutin tiap tahun bagi personil Basarnas Ambon. Hal tersebut penting untuk melatih ketrampilan, skill dan kemampuan bawah air personil Basarnas. 

“Tim Rescuer kita harus bisa menguasai ilmu ini. Nah, supaya sesuai harapan, pelatihan selam bakal Basarnas jadikan agenda rutin tiap tahun,” kata  Kepala Basarnas Ambon Mustari kepada Kabar Timur, Minggu (20/2). 

Dia mengatakan, Maluku terdiri dari wilayah kepulauan. Sebagian besar masyarakat Maluku mengandalkan moda transportasi laut untuk bepergian dari satu pulau ke pulau lainnya. 

Di laut, masyarakat Maluku sering dihadapkan dengan cuaca yang buruk. Apalagi, itu berada pada musim timur. Jika terjadi musibah atau kecelakaan laut, maka sangat naif jika personil Basarnas Rescue sebagai tim pertolongan tidak bisa berbuat apa-apa. 

“Makanya baik adanya pelatihan ini. Sehingga bila mana terjadi musibah atau bencana yang membutuhkan penyelaman, kita sudah punya tim rescuer yang memiliki skill dan kemampuan selam yang baik,” katanya.

Dia mengaku, kantor Basarnas Ambon sudah mengadakan pelatihan ini sejak 15 hingga 19 Maret 2021. Dan tentu akan dijadikan sebagai pelatihan rutin tiap tahun.

Di tahun 2021 ini, sebanyak 10 orang Rescuer Basarnas Ambon yang menjadi peserta. Sebelumnya peserta mendapatkan materi kelas bertempat di ruang rapat Basarnas Ambon, Aplikasi kolam di kolam renang Raider 733 Desa Waiheru, dan Aplikasi sebenarnya (Laut) bertempat di Pantai Mess Basarnas Desa Laha. 

“Jadi kita bekerja sama dengan Scuba School Internasional (SSI) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan serta skill dalam menghadapi musibah/bencana yang sering terjadi di Maluku khususnya dalam bidang selam,” pungkasnya. (KTY)

Komentar

Loading...