Pemkot Ambon Lakukan Penilaian Aset Benteng Victoria

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan melakukan penilaian aset benteng Victoria sebagai upaya revitalisasi cagar budaya.

“Kita 2021 akan lakukan koordinasi dengan kementerian terkait, dilanjutkan tahapan penilaian aset dan ganti rugi lahan, “ kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah kota Ambon, Enrico Mattitaputty, Kamis.

Koordinasi revitalisasi benteng Victoria telah dilakukan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Kementerian terkait seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Pariwisata, PUPR hingga Kantor Staf Presiden.

“Sampai saat ini belum bertemu Menteri Pertahanan karena kondisi pandemi COVID-19 sehingga waktunya belum tepat, “katanya.

Kepala Kantor Staf Presiden, katanya juga mendukung upaya revitalisasi benteng Victoria, dan akan menindaklanjuti dengan mengundang kementerian terkait untuk melakukan koordinasi.

Dari sisi perencanaan, Kementerian PUPR telah meninjau dan akan mengambil alih revitalisasi benteng Victoria. Sementara untuk pembangunan dan relokasi kantor Kodam XVI/ Parttimura akan dibicarakan dengan Menhan.

“Diharapkan pada 2021 dapat terlaksana dengan baik karena tahapannya ditargetkan rampung 2025, “ kata Enrico.

Ia mengemukakan, proses revitalisasi ini tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tetapi berupaya agar bisa diproses agar penganggaran masuk pada 2021 telah dilakukan dengan intens.

“Kami berupaya agar proses revitalisasi terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan penuh, karena memiliki nilai sejarah tentang awal berdirinya Kota Ambon,” tandas Enrico. 

(AN/KT)

Komentar

Loading...