Upayakan Ambon Jadi Kota Tertib Berlalulintas

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Semrawutnya aktivitas lalulintas di Kota Ambon menjadi perhatian serius Ditlantas Polda Maluku. Untuk membenahinya, Ditlantas bakal menggelar kegiatan Focus Group Discution (FGD) dengan mengundang seluruh forum lalu lintas angkutan jalan.

Kegiatan yang direncanakan digelar pada Februari 2021 itu, pihak Ditlantas Polda bakal mengundang Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Ketua DPRD Kota Ambon, Kadishub Provinsi Maluku, pakar transportasi dan pakar psikolog. 

Tema yang dipilih yakni implementasi kawasan Tertib lalu lintas di kota Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku yang tertib, teratur, aman, nyaman dan berkeselamatan.  “Kita upayakan Ambon bisa menjadi daerah yang tertib berlalu lintas,” kata Dirlantas Polda Maluku, Kombes Pol Rahmat Hakim dihubungi Kabar Timur, Selasa (26/1). 

Sementara itu, pantauan Kabar Timur beberapa hari terkahir ini, jalan di kawasan Jl. Rijali menuju arah Skip, Kota Ambon, telah dilakukan rekayasa lalulintas. 

Pengendara roda dua dan empat tidak bisa lagi menembus berlawanan arah seperti sebelumnya. Itu berarti, Satlantas Polresta Ambon mulai bekerja untuk mendukung upaya Ditlantas Polda Maluku demi tercapainya Ambon tertib berlalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKP Ganesa Sinabela mengaku, alasan dilakukannya rekayasa tersebut mengingat di jalan itu kerap terjadi kecelakaan, kemacetan dan semrawutnya lalulintas di kawasan jalan itu. 

“Ini lah alasan mengapa kita melakukan rekayasa lalin. Selain kita hindari kecelakaan, juga untuk mengurai kemacetan di Kota Ambon. Prinsipnya, kita mau Ambon kota yang lebih tertib, teratur, aman, nyaman, dan berkeselamatan dalam berlalu lintas,” jelasnya

Dikatakan, dari diberlakukannya rekayasa lalin ini, arus lalin di sepanjang jalan Telukabessy, Negeri Batu Merah sudah mulai terlihat lancar. Tidak lagi terjadi kemacetan seperti hari-hari sebelumnya. 

“Karena biasanya banyak kendaraan melewati jalur skip-pegadaian dan pelni. Tapi saat ini, kendaraan harus mutar melalui jalan turunan wisma game, PGRI dan melalui beberapa lampu merah, sehingga ada waktu dan jarak antar kendaraan untuk sampai di jalan Telukabessy. Makanya aktivitas lalin mulai lancar. Dan ini kita tiru rekayasa lalin yang ada di kota-kota besar seperti di Jakarta dan lainnya,” terangnya

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa mengikuti dan melaksanakan rekayasa yang dilakukan Satlantas Polresta Ambon. (KTY)

Komentar

Loading...