KM Faisal Loumbasi Ditemukan Tim SAR Gabungan

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- KM Faisal Loumbasi yang dikabarkan mengalami mati mesin (rusak total) di perairan Pulau Ujir Timur, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan selamat. 

Kepala Kantor Basarnas Ambon, Djunaidi mengatakan, KM Faisal Loumbasi ditemukan pada pukul 16:00 WIT dan dievakuasi ke Pulau Kenari yang berjarak 12 NM dengan heading 12 ° Utara dari LKK dalam keadaan selamat.

“Tiga orang di dalam kapal motor ini yakni La Umbasi, La Jumi dan La Anto. Mereka ditemukan dalam kondisi selamat,” kata Djunaidi, Selasa (26/1). Dia mengaku, dalam pencarian, unsur SAR yang terlibat diantaranya Team RESCUE Unit Siaga SAR Kep Aru empat orang, dua anggota POLAIR Dobo dan empat orang anggota BNPB. 

Dengan ditemukannya KM Faisal Loumbasi, lanjut Djunaidi, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan permohonan untuk ditutup.  Sebelumnya, Koordinator Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, Subarjo menginformasikan ke SAR Ambon terkait adanya kapal yang mengalami mati mesin di perairan laut Aru. 

Dari informasi itu,  pada pukul 12: 52 WIT, tim SAR gabungan kemudian bertolak menuju LKP dengan titik koordinat duga 05°25’37.26’’S - 134°21’21.66’’E, Jarak LKP ± 22 NM, Heading 21° Utara dari Dermaga Pelabuhan Dobo.

Tim gabungan ini diantaranya Tim Rescue Unit Siaga SAR Aru, POLAIR Dobo, dan BPBD Dobo. Cuaca di lapangan hujan ringan, angin barat – barat laut 5-25 knot, dan tinggi gelombang 2,5 – 4 m. “Alat yang digunakan yaitu speedboat BPBD Kepulauan Aru. Perkembangan selanjutnya akan diinformasikan,” pungkasnya. 

(KTY)

Komentar

Loading...