Keliombar Bebas, PH Optimis Kasasi Jaksa Ditolak

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON, - Pengacara Jhon Tuhumena optimistis Mahkamah Agung RI bakal menolak permohonan kasasi jaksa penuntut atas diri kliennya, Ipda Thomas Keliombar. Anggota polisi dari Polda Maluku itu dinyatakan tidak bersalah oleh majelis hakim terkait perkara penipuan yang didakwakan jaksa.

“Iya, jaksa ajukan kasasi, setelah majelis hakim nyatakan onslah. Kalau tanya optimis, pasti katong optimis,” ujar penasehat hukum (PH) Thomas Keliombar itu kepada Kabar Timur di Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (21/1).

Putusan onslah adalah putusan lepas dari segala tuntutan hukum (ontslag van rechtsvervolging). Dakwaan jaksa terbukti menurut hakim, tetapi terdakwa tidak dapat dijatuhi pidana atas perbuatannya.

“Pertanyaannya, perbuatan dia apa dulu,” ujar Tuhumena.  

Menurutnya, JPU Ella Ubeleeuw Cs telah keliru mendakwakan Thomas Keliombar menipu pengusaha Hery Setyabudi Lau. Sedang dari bukti sertifikat, Keliombar adalah pemilik lahan 2000 meter persegi di kawasan Talake Kecamatan Nusaniwe itu. 

“Jadi siapa tipu siapa? Keliombar punya sertifikat kepemilikan 2000 meter persegi, termasuk lahan yang Lila Wajo klem itu,” tandas Jhon Tuhumena.

Di dalam amar putusannya, hakim ketua Lucky Rombot Kalalo berpendapat perbuatan terdakwa Thomas Keliombar bukan tindak pidana, tapi ranah perdata.

“Menyatakan terdakwa Thomas Keliombar tidak bersalah melakukan tindak pidana dan memerintahkan agar terdakwa dibebaskan,” tegas Kalalo dalam amar putusannya 16 Desember 2020 lalu.

Sebelumnya, JPU Ella Ubeleeuw Cs menuntut Keliombar pidana penjara selama tiga tahun atas tindak pidana penipuan dan penggelapan. Anggota Polri ini dilaporkan oleh Lila Wadjo, dengan tuduhan penipuan atas sebidang tanah. Kasus ini terdaftar di Pengadilan Negeri Ambon, dengan nomor perkara: 215/Pid.B/2020/PN Amb. (KTA)

Komentar

Loading...