Sekda : Klaster Rumah Tangga Berbahaya

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Sekertaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19, yang paling berbahaya dan selalu diupayakan pencegahannya adalah Klaster Rumah Tangga.

“Yang paling bahaya itu klaster rumah tangga dan perkantoran. Jika tidak ada penerapan Protokol Kesehatan secara baik, otomatis klaster tersebut tidak mampu dicegah, “ ungkap Kasrul, kepada wartawan, Senin (28/12). 

Menurutnya, klaster rumah tangga dan perkantoran dapat  jadi indikator utama peningkatan jumlah pasien terkonfirmasi. Olehnya itu, hal ini  sangat dikhawatirkan pemerintah. 

“Misalnya suami-isteri kerja di perkantoran berbeda, lalu suami terpapar dari kantornya dan pulang ke rumah menularkan ke istri. Kemudian isteri tularkan lagi di tempat kerjanya.  Ini yang kita khawatirkan,”ujar Kasrul. 

Dalam upaya mencegah kedua klaster tersebut, semua pihak harus bisa menganggap dirinya sebagai orang yang dapat berisiko terhadap penularan Covid-19. 

“Jika semua beranggapan seperti itu, sudah pasti tingkat kewaspadaan diri dari penyebaran corona semakin tinggi.  Dengan begitu kita dapat menghindari kerabat, serta keluarga dari penyebaran wabah corona, “ terang Kasrul. 

Kasrul berharap, masyarakat bisa menerapkan Protokol Kesehatan sebagaimana yang telah dianjurkan.  “Selama belum ada proses vaksinasi di Maluku, kami harap masyarakat dan seluruh pihak lainnya, bisa jalankan 4M, yakni jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan serta pakai masker, guna meminimalisir penularan, “tutupnya. (KTE)

Komentar

Loading...