Takut Dirapid Test, 23 Pegawai Termasuk Kepala BKD Buru Ogah Masuk Kantor

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON-Bukannya mendukung program pemerintah dalam hal memutus mata rantai penyebaran covid-19, 23 pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Buru termasuk Kepala BKDnya, Efendi Rada memilih tidak masuk kantor saat tim medis dan Gugus uUgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru melakukan pemeriksaan rapid test untuk para pegawai BKD Buru Jumat (5/6).

Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim saat dikonfirmasi via seluler Jumat.

Sekedar tahu, pemeriksaan secara rapid test bagi para pegawai BKD Buru ini dilakukan setelah salah seorang pegawainya yakni MS (26) dinyatakan positif terpapar virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab secara PCR. MS merupakan pasien positif terpapar virus corona ke-226 di Maluku.

Dikatakan Nani, dari total 60 pegawai BKD Buru, hanya 37 orang yang masuk kantor dan langsung dirapid test Jumat siang. Sementara sisanya 23 pegawai termasuk Kepala BKD Buru, Efendi Rada memilih tidak masuk kantor. "Dari target 60 pegawai BKD (Buru), hanya 37 orang yang dapat di rapid test hari ini (jumat). Sisanya tidak datang,"ungkapnya.

Dari 37 orang yang telah dirapid test itu, hasilnya 3 orang reaktif langsung di swab Jumat sore untuk dikirim ke Ambon agar diperiksa secara PCR di BTKL-PP Klas II Ambon.

Ditanyai alasan hingga 23 pegawai BKD Buru itu tidak masuk kantor mengingat bakal dilakukan pemeriksaan rapid test, Nani mensinyalir kemungkinan mereka takut. "Sepertinya takut,"sambungnya.

Ditanyai sikap tegas bagi mereka mengingat persoalan covid-19 ini sangat berbahaya, Nani mengatakan seharusnya pegawai BKD Buru memahami persoalan covid-19 ini. "Saya rasa sebagai orng berpendidikan harusnya tau masalah itu karena persoalan covid ini bukan hal baru, dan dampak yang paling terasa adalah kontak dengan keluarganya. Kami serahkan kepada pimpinannya. Karena tadi pimpinan juga tidak hadir dan saya sudah laporkan hasilnya kepada Pak Bupati,"imbuhnya.

Ditanyai kapan 23 orang pegawai itu bakal dirapid, Nani mengaku belum mengetahuinya. Yang pasti, Gustu Covid-19 Buru kata Nani membuka kesempatan bagi mereka untuk datang agar diperiksa. "Kami tidak tau, kami tetap buka kesempatan untuk mereka agar datang dengan kesadaran sendiri,"tandasnya. (KTR)

Komentar

Loading...