Sekilas Info

Pecahkan Rekor Dunia, Kapolda Maluku: Saya Tidak Menyangka

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, tidak menyangka akan menerima piagam penghargaan rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Orang Manado, ini juga dianugerahkan penghargaan selaku warga Ambon dari Pemerintah Kota Ambon.

Lumowa mendapatkan penghargaan dari MURI No. 9394/R.MURI/XII/2019, atas Rekor-Dunia Indonesia, sebagai penjelajah Pulau ke Terbanyak Menggunakan Jet Ski. Sementara Pemerintah Kota Ambon menobatkannya selaku warga Kota Ambon yang mampu menjelajah Pulau Terbanyak di Perairan Laut Maluku menggunakan jet ski.

Dua piagam penghargaan tersebut diterima Jenderal Bintang Dua Polri, itu dalam malam puncak pergantian tahun 2020, yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kota Ambon. Acara penyerahan penghargaan bergengsi itu dipimpin Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Rekor Dunia MURI diterima Lumowa dari Manager Operasional MURI, Andre Purwandono SS. Sementara penganugerahan penghargaan dari Pemerintah Kota Ambon diserahkan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail yang disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat, mengatakan, berdasarkan pengakuan Manager Operasional MURI, Andre Purwandono, mengaku, sebelum memberikan penghargaan, MURI telah melakukan verifikasi data.

Data yang diverifikasi adalah mengenai rekor MURI sendiri maupun rekor dunia terkait apa yang dilakukan oleh Lumowa. Hasilnya, hingga detik ini belum ada yang menyamai rekor tersebut, sehingga orang nomor 1 Polri di Maluku itu layak mendapat penghargaan.

"Selain dari MURI, prestasi Kapolda Maluku juga mendapat penghargaan dari Pemkot Ambon yang diserahkan oleh Gubernur Maluku Murad Ismail pada momen malam pergantian tahun kemarin," kata Ohoirat.

Menurutnya, penghargaan rekor dunia diterima oleh Lumowa saat melakukan Patroli Sambang Nusa. Mantan Kakorlantas Polri ini mengunjungi Pulau Terluar dan Terpencil. Tujuannya untuk melihat keadaan dan mendengar keluhan warga, juga memastikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Patroli Sambang Nusa digelar sejak tanggal 25 November sampai dengan 2 Desember 2019. Wilayah yang dikunjungi dengan hanya menggunakan transportasi laut jet ski adalah Pulau Banda, Kur, Dula (Kota Tual), Larat, Yamdena (Saumlaki), Babar, Moa, Wetar, Lirang, hingga ke Pulau Atauru.

"Pulau Atauru ini merupakan wilayah Negara Timor Timur," katanya.

Dari Pulau ke Pulau yang dikunjungi, mantan Kapolda Papua Barat ini telah menempuh jarak lintasan dengan total sejauh 1.300 Nautika Mile (NM) atau setara 2.408 Kilometer (KM).

"Jarak tersebut bila datarik garis lurus hampir sama dengan jarak dari Ambon ke Jakarta. Bapak Kapolda yang nyetir sendiri jet ski menempuh jarak tersebut tanpa diganti oleh orang lain," terangnya.

Selain melihat kondisi masyarakat di daerah terluar, terpencil dan di perbatasan secara langsung, Patroli Sambang Nusa, juga dilakukan sebagai bentuk kecintaan Lumowa terhadap wilayah berjuluk Seribu Pulau ini.

"Luas laut Maluku 93 persen terdiri dari laut. Sehingga patroli dengan menggunakan jet ski dilakukan sebagai bentuk kecintaannya. Beliau berprinsip, jika kita jaga laut, maka laut akan bersahabat dengan kita," jelasnya.

Terpisah sebelumnya, Kapolda Maluku Royke Lumowa mengaku tidak menyangka dengan penghargaan yang diraih tersebut.

"Saya tidak menyangka kalau sebentar malam ini (Selasa) akan diberikan penghargaan rekor MURI. Padahal saya hanya menjalankan tugas, yaitu berpatroli ke Pulau-Pulau terluar. Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi atas penghargaan tersebut," tandasnya kepada wartawan. (CR1)

Penulis:

Baca Juga