Sekilas Info

Hila Putra Juara Herman Pieters Cup II 

ist

AMBON - Hila Putra FC menjuarai turnamen Herman Pieters Cup tahun 2019. Di laga final, Hila Putra menundukkan Nala Putra FC.

HilaPutra meraih kemenangan 3-1 melalui gol yang dicetak Mudzar Ollong (menit ke 8 dan 31) dan Dandi Lumaela (22). Gol semata wayang Nala Putra dicetak R. Tuasikal pada menit ke-57.

Saat peliut awal dibunyikan wasit Muhlisin, Hila Putra langsung tampil menekan dalam partai final yang digelar di lapangan sepakbola Kompi Senapan C Yonif Raider 733/Masariku, Waiheru, Ambon, Sabtu (7/9).

Meski begitu, satu dua sentuhan ke mulut gawang Nala Putra yang coba dimainkan anak asuh Rusdi Tatawalat berhasil dipatahkan pasukan asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) itu.

Nala Putra yang dikapteni M Abizar coba tampil menekan. Serangan melalui umpan gelandang A. Wattimena ke sisi kanan yang ditempati R. Tuasikal kerap kandas di benteng pertahanan yang dibangun kapten Rusli Kiang dan kawan-kawan.

Petaka bagi tim asal Desa Waihatu, Kecamatan Kairatu, SBB itu datang di menit ke-8. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan pemain Nala Putra terhadap Dandi Lumaela diluar kotak 16. Gelandang Hila Putra Rusli Kiang yang mengambil tendangan bebas mengarahkan sepakannya ke sebelah sudut atas sisi kiri kiper. 

Bola mampu diblok penjaga gawang Nala Putra, Arya Kevin. Tetapi penyelamatan gemilang kiper Arya menjadi kemelut di mulut gawang Nala Putra. Mudzar Ollong yang berada tak jauh dari posisi bola langsung meneruskannya ke dalam gawang Nala Putra. 1-0 Hila Putra memimpin.

Hila Putra yang selalu tampil menyerang berhasil memperlebar keunggulan di menit ke 22. Dandi Lumaela mencatatkan namanya dipapan skor. Tendangan jarak jauh yang dilesakkan pemilik nomor punggung 12 itu tak mampu dihalau kiper Nala Putra.

Tertinggal 2 gol, semangat anak asuh Bobi Tianotak tidak kendor. Mereka memberikan perlawanan. Tapi, gempuran tim berkostum kuning hitam masih belum dapat membuahkan hasil.

Gol untuk tim asal Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah kembali tercipta di menit ke-28. Tapi gol Mudzar Ollong dianulir wasit karena Ollong dianggap lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap kiper Nala Putra. 

Durasi 3 menit dari gol yang dianulir wasit, pemilik nomor punggung 7 itu, kembali harus memaksakan kiper Arya mengambil bola dari dalam gawang. Bola liar operan Rusli Kiang ke depan gawang Arya disundul ke gawang oleh Ollong. Skor 3-0 berakhir hingga turun minum.

Babak kedua baru berjalan 13 menit atau tepat menit ke-57, R. Tuasikal berhasil memperkecil ketertinggalan timnya. Gol Tuasikal diperoleh dari hasil tendangan bebas berjarak 17 meter. Bola hasil sepakkan keras Tuasikal tak mampu dibendung kiper Hila Putra Farid Sopaliuw. 

Memasukan 1 gol, semangat Nala Putra kian menggebu. Jual beli serangan kedua tim mendominasi jalannya permainan. Tapi, hingga peliut akhir dibunyikan wasit, skor 3-1 untuk kemenangan Hila Putra tak berubah. Hila Putra akhirnya meraih juara pada turnamen yang diselenggarakan KNPI Kota Ambon tersebut.

Pelatih Hila Putra FC, Rusdi Tatawalat bangga dengan permainan yang ditunjukan anak asuhnya. Strategi yang diajarkan selama mampu diterapkan anak asuhnya dengan baik. 

Kemenangan ini tentunya sebagai batu loncatan buat Hila Putra agar dapat memupuk semangat generasi muda Hila Putra, sehingga olahraga bola kaki di Negeri Hila berkembang lebih baik lagi dan ke depan dapat tampil di turnamen-turnamen lainnya di Maluku.

Dia juga mengapresiasi semangat para pengurus KNPI Kota Ambon yang dinilainya telah mengupayakan pengembangan bakat generasi muda Maluku khususnya di bidang olahraga sepakbola.  

Tatawalat menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, pengurus KNPI Kota Ambon, TNI Kompi C Senapan Wayame. “Terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mengembangkan sepak bola Maluku. Selamat pula untuk Kota Ambon yang merayakan HUT ke-444,” kata dia. 

Juara II diraih Nala Putra FC, juara III diraih SSB Bukit Barisan, juara IV diraih Hatusela Mamala. 

Pemain terbaik disabet Abdi Jaya Malawat (Hatusela Mamala), top skor Sahril Ramdani Lestaluhu (SSB Bukit Barisan), dan kiper terbaik diraih Alvens S.R (SSB Bukit Barisan). (MG3)

Penulis:

Baca Juga