Sekilas Info

Komisi V DPR Tinjau Infrastruktur Bandara Pattimura

ist

AMBON - Komisi V DPR RI meninjau infrastruktur Bandara Internasional Pattimura Ambon.

“Tinjauan ini untuk melihat langsung infrastruktur bandara Pattimura yang saat ini sementara direnovasi perluasan untuk peningkatan kapasitas terminal penumpang,” kata anggota komisi V DPR RI Bambang Haryo Sukartono di Ambon, Kamis (5/9).

Menurut dia, kunjungan kerja komisi V ke Maluku untuk mengecek sarana infrastruktur untuk melayani kebutuhan masyarakat.

“Kunjungan di bandara Pattimura kita ingin melihat kapasitas bandara terutama terminal apakah cukup untuk melayani penumpang, dimana saat ini sementara dilakukan renovasi bandara,” katanya.

Kapasitas terminal penumpang saat ini belum sebanding dengan jumlah penumpang yang saat ini mencapai 2 juta penumpang per tahun

“Informasi yang kami terima saat ini mencapai 2 juta penumpang per tahun, sedangkan kapasitasnya saat ini hanya 1,3 juta, karena itu perlu percepatan renovasi kalau tidak akan kelebihan dan akan terjadi ketidaknyamanan serta membahayakan pengawasan,” ujar Bambang.

Selain terminal penumpang, yang harus diperhatikan juga untuk airnav Indonesia terkait peningkatan pergerakan pesawat udara di Bandara Pattimura.

“Peningkatan pergerakan pesawat udara baik take off maupun landing harus ditingkatkan dari sebelumnya 12 pergerakan per jam harus meningkat seperti bandara lainnya yang juga tidak mempunyai jalur di bandara yang menghubungkan landasan pacu atau taxi way,” katanya.

Airport operation senior manager Angkasa Pura I bandara Pattimura, Arixon Ronnie Suebu menyatakan, saat ini data jumlah penumpang datang, transit dan berangkat mencapai 1,3 juta per tahun.

Sedangkan saat ini jumlah per hari mencapai 500-700 penumpang, dengan kondisi kapasitas terminal sudah tidak bisa menampung terutama saat jam sibuk. “Saat jam sibuk kondisi ini tidak bisa menampung penumpang karena kadang terkendala maskapai yang masuk bersamaan sehingga terjadi penumpukan. Kondisi ini perlu perluasan, kita harapkan setelah perluasan bandara ini dapat menampung sampai 2 juta penumpang per tahun,” katanya.

Komisi V DPRRI menyampaikan masukan yang cukup baik bagi perkembangan bandara ke depan, yakni prediksi jumlah penumpang dengan kapasitas bandara setelah pembangunan ini rampung. “Proses renovasi Bandara Pattimura Ambon ditargetkan rampung Desember 2019, sesuai kontrak kerja yakni 4 Desember 2019 guna melayani penumpang di menjelang natal dan tahun baru untuk peningkatan pelayanan, kata Arixon. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga