Sekilas Info

DPRD Dukung Penerapan Zonasi Sekolah 

Ilustrasi

AMBON - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Yoppi Usmany mendukung penerapan zonasi sekolah.

MENURUT Usmany, sistem zonasi sangat bagus sehingga tidak hanya satu sekolah yang menjadi sekolah tujuan. Artinya, siswa tidak hanya tertampung pada satu sekolah.

“Saya senang dengan sistem ini, sistemnya bagus. Bagusnya karena apa? supaya siswa tidak tertampung hanya pada satu sekolah,” kata Usmany kepada Kabar Timur di gedung DPRD Kota Ambon, Selasa (27/8).

Kata Usmany, jika satu sekolah dianggap sebagai sekolah favorit, orangatau siswa akan ramai-ramai mendaftar di sekolah itu. 

“Nah, dengan sistem ini, ada pemerataan kualitas dan tidak ada sekolah yang menonjol. Hanya kendalanya kemudian sekolah harus lebih memacu kualitas siswa,” ujarnya.

Dia mengatakan, para pendidik pun harus memacu tingkat kualitas agar lebih baik. Hal ini, karena dengan kemampuan beragam akan menjadi tantangan pengajar. Salah satunya, adalah penyedian sarana dan prasana penunjang harus diperhatikan.

Selain itu, guru harus berkompeten. Di antaranya jika ada uji kompetensi dan peningkatan kapabilitas harus ikut aktif. 

“Apa yang dilakukan pemerintah pasti positif. Kami DPRD juga menginginkan semua siswa tertampung pada sekolah-sekolah di Kota Ambon. Jangan hanya sekolah yang dijadikan sekolah favorit,” harap Usmany. (MG3)

Penulis:

Baca Juga