Sekilas Info

Tingkatkan SDM Pemuda Bisa Lewat Membaca

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMOBN- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, M. Sangadji mengatakan literasi merupakan dasar kom­petensi dari Sumber Daya Manusia.

Maka dari itu minat baca dari masyarakat adalah sebuah hal yang sangat penting.

“Jadi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama generasi muda kedepan, perlu ada mem­baca,” sebutnya kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Ambon pekan kemarin Maka dari itu lanjut dia, salah satu jalur mendorong minat baca adalah melalui sosialisasi.

“Dengan adanya Sosialisasi Pem­budayaan Kegemaran Membaca semua lapisan masyarakat mulai dari keluarga, pemerintah, swasta maupun lembaga-lembaga formal perlu meningkatkan minat baca melalui berbagai program, seperti lomba lukis dan mewarnai untuk anak-anak PAUD, lomba gemar mem­baca, pidato dan lain sebagainya,” sebutnya.

Disinggung kerjasama perpusatakaan daerah dengan Perpustakaan Pusat dalam mendorong peningkatan minat baca kata dia berjalan baik.

“Apapun yang dilakukan kita men­yambut baik dan kerjasama secara teknis dengan perpusatakaan nasional selama ini berjalan dengan baik,”sambungnya.

Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca yangberlangsung pekan kemarin ini melibatkan peserta dari OPD terkait Maluku, Dinas per­pus­takaan kabupaten/kota, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Maluku, pen­gelola taman bacaan masyarakat, pen­gelola PAUD dan TK, pengelola per­pus­takaan, guru, mahasiswa, pelajar, pegiat literasi, karang taruna, tokoh mas­yarakat, tokoh agama, media cetak dan elektronik. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga