Sekilas Info

Mafindo Sosialisasi Perangi Hoax

ist

AMBON - Media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif. Sayangnya, beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif ataupun berita hoax. Jika hal tersebut dibiarkan, dikhawatirkan akan membahayakan generasi muda.

Tidak ingin hal itu menjangkit generasi milenial Kota Ambon, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mendatangi sekolah-sekolah mensosialisasikan pentingnya menangkal berita hoax.

Koordinator Mafindo Wilayah Ambon, Roesda Leikawa mengatakan, siswa atau generasi milenial merupakan pengguna media sosial yang paling aktif. Olehnya itu, dipandang penting sosialisasi ini untuk dilakukan sekolah-sekolah.

“Hari ini kita gelar sosialisasinya di SMA Kristen YPKPM Ambon dengan melibatkan 50 siswa yang merupakan perwakilan dari setiap kelas. Kita juga akan menggelar hal yang sama di sekolah-sekolah lainnya di Kota Ambon,” kata Leikawa, Sabtu (24/8).

Dia mengatakan, saat ini penyebaran berita hoax di media sosial sangat meresahkan berbagai kalangan. Supaya bisa menyadarkan masyarakat akan hal ini, Mafindo akan terus melakukan aksi tangkal hoax secara rutin bersama tim relawan Mafindo Ambon. 

“Hoax itu sangat berbahaya, sehingga perlu ada edukasi dini melalui pertemuan-pertemuan seperti ini,” kata Leikawa.

Dia berharap, dengan kegiatan ini, siswa dapat menjadi duta anti hoax di lingkungan sekolah maupun keluarga. “Semoga siswa bisa mencermati dengan baik yang kemudian bisa menjadi duta anti hoax di lingkungan sekolah maupun keluarga,” harapnya.

Mafindo lanjut Leikawa, juga akan bekerjasama dengan komunitas maupun kelompok masyarakat untuk bersama-sama memerangi hoax dan menangkal penyebaran informasi berbau fitnah, ujaran kebencian maupun hasutan. 

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Kristen YPKPM Ambon, Donald Wolter Dias mengapresiasi kegiatan Mafindo Ambon. 

“Kami sangat bangga, karena sekolah kami dikunjungi oleh teman-teman Mafindo dan menjadi lokasi pertama roadshow Mafindo Ambon. Kegiatan ini tentunnya sangat bermanfaat bagi siswa-siswi mengenal ciri-ciri hoax, serta penggunaan media sosial secara positif,” katanya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga