Sekilas Info

Kemenag Tingkatkan Keilmuan Penghulu

Zainal Patty

AMBON - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku melalui Bimas Islam menggelar Musabaqah Baca Kitab (MBK) 2019.

MBK tingkat Provinsi Maluku ini berlangsung di Hotel Golden, Ambon, Rabu (21/8). MBK dibuka oleh Kepala Bidang Bimas Islam Rusdi Latuconsina, mewakili Kepala Kanwil Kemenag Maluku Fesal Musa’ad. MBK dihadiri sejumlah pejabat eselon III dan IV lingkup Kemenag Maluku, staf dan  peserta kegiatan.

Fesal Musa’ad dalam sambutan tertulis yang dibacakan Lauconsina berharap MBK dapat mendorong dan meningkatkan kecintaan pada kitab rujukan berbahasa Arab untuk para penghulu. Dan dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan kajian dan ilmu keagamaan guna menambah  wawasan keilmuan bagi para penghulu di Maluku.

Dikatakan, komunikasi teknologi digital yang banyak telah mempengaruhi gaya hidup dan tatanan sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Untuk itu, sangat penting digelar lomba MBK. 

“Lomba MBK ini dianggap suatu langkah yang strategis. Mengingat penghulu atau kepala KUA merupakan ujung tombak Kementerian Agama, dalam membina dan melayani masyarakat di bidang keagamaan,” jelas dia.  

Dia meminta peserta kegiatan sungguh-sungguh dan belajar dengan tekun. Karena setelah ini, pemenang MBK akan mewakili Maluku mengikuti lomba MBK tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta, pada 10 September 2019. 

Jumlah peserta lomba MBK 10 orang. Peserta adalah para juara pertama di delapan kabupaten dan kota di Maluku. “Yang tidak ikut hanya Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual. Sementara juri berasal dari Kanwil Kemenag Maluku dan akademisi yang ahli di bidang masing-masing,” kata Fesal. (MG5)

Penulis:

Baca Juga