Sekilas Info

Penjaga Lapas Jangan Lengah

ist

AMBON - Wakil Ketua Komisi A DPRD Maluku, Costansius Kolatfeka mengingatkan  penjaga Lembaga Permasyarakatan (Lapas) selalu siap dalam bertugas menjaga narapidana yang dikurung.

“Pegawai lapas di kabupaten/kota di Maluku yang bertugas harus siap dan jangan lengah. Jika ditugaskan piket, pegawai lapas harus bekerja sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP) yang diatur di lingkungan lapas. Sebab jika sedikit saja melenceng atau lalai, menjadi kesempatan bagi tahanan melarikan diri,” kata Kolatfeka, kemarin.

Komisi A yang bermitra dengan Kemenkumham Maluku menurutnya himbauan ini sangat penting. Tujuan agar tidak ada lagi narapidana yang kabur seperti yang terjadi di Lapas Masohi dan Lapas Piru.

“Kemarin-kemarin ada narapidana yang kabur dari Lapas Piru dan Lapas Masohi, mengapa demikian ? Karena pegawai Lapas lalai dalam bertugas. Makanya kami yang bermitra dengan Kemenkumham mengimbau pihak Lapas lebih tingkatkan lagi SOP di lingkungan Lapas,” tandasnya.

Politisi partai Gerindra itu menyatakan, kaburnya narapidana dari dalam Lapas juga akan berdampak pada Lapas itu sendiri. Artinya, di mata publik, pihak Lapas dipandang negatif. Akan muncul kecurigaan bahwa Lapas bermain mata dengan narapidana yang kabur. “Kalau ada narapidana yang kabur, tentunya akan membangunkan kecurigaan publik terhadap kinerja pihak Lapas,” tuturnya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga