Sekilas Info

Guru Ikut Pelatihan Menulis Cerita Rakyat

ist

KABARTIMURNEWS.COM Kantor Bahasa Maluku menggelar pelatihan menulis cerita rakyat bagi para guru di Kota Ambon.  Dari pelatihan ini diharapkan dapat tersedia bahan literasi yang layak baca, bagi anak dan bermuatan lokal, serta meningkatkan daya baca atau tingkat literasi guru dan siswa di Maluku. Sebab guru sebagai tonggak utama penggerak literasi di sekolah.

Selain itu, untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis, Kantor Bahasa Maluku juga akan menerbitkan buku antologi Cerita Rakyat Pulau Ambon.

Faradika Darman, ketua panitia pelatihan mangatakan, pelatihan menulis cerita rakyat ini dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama adalah pelatihan menulis untuk guru dan tahap kedua gebyar literasi dalam bentuk lomba bertutur bagi siswa se-Kota Ambon

“Untuk tahap kedua itu direncanakan awal September, sebagai rangkaian acara untuk memeriahkan HUT Kota Ambon, dan peluncuran buku Antologi Cerita Rakyat Pulau Ambon,” kata Faradika, belum lama ini.

Menurtnya, belum ada terbitan Antologi Cerita Rakyat Pulau Ambon dan Lease, kalaupun ada bentuknya kurang menarik dan terbitan lama. Menyadari hal tersebut, pihaknya berharap agar pelatihan ini bisa menghasilkan karya agar dapat mendukung program literasi di Maluku, khususnya Kota Ambon. “Hasil akhir kegiatan ini terbitan antologi,” ujar dia. 

Pelatihan diikuti 50 peserta, dari kalangan guru tingkat SD dan SMP. Pelatihan dibuka oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhanapessy. (KT)

Penulis:

Baca Juga