Sekilas Info

Konsulat RI Bantu Kerja Sama Ambon-Darwin

ist

KABARTIMURNEWS.COM, Konsulat Republik Indonesia (RI) di Darwin siap membantu memperkuat kerja sama antara Pemerintah Kota  Ambon dan Kota Darwin, Australia.

Konsulat RI untuk Darwin, Dicky Soerjanatamihardja menyatakan, Pemkot Ambon meminta dukungan pemerintah pusat untuk memfasilitasi kerja sama kota kembar (sister city) Ambon dan Darwin, yakni penerbangan langsung Ambon-Darwin dan sebaliknya.

“Kita akan membantu peningkatan kerja sama sister city Ambon-Darwin yang telah terjalin selama 30 tahun,” katanya saat menerima kunjungan Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler bersama tim di konsulat Darwin, Rabu (31/7).

Ia mengatakan, kerja sama yang terjalin selama 30 tahun harus mampu membawa dampak positif baik bagi masyarakat Ambon maupun Darwin sendiri. “Penerbangan langusng merupakan salah satu solusi, guna memastikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari Darwin akan meningkat di Kota Ambon, dan masyarakat dapat merasakan dampak,” ujarnya.

Dicky mengakui, Ambon memiliki kedekatan yang erat dengan Australia, mengingat sejarah Perang Dunia II ribuan tentara Australia meninggal dunia dan dimakamkan di Ambon.

Menurut dia, kedekatan batin berdasarkan sejarah inilah yang seharusnya bisa manfaatkan untuk meningkatkan kunjungan masyarakat Australia ke Ambon, dengan membuka jalur penerbangan dari Australia ke Ambon. Selama ini, warga Australia yang akan ke Ambon harus transit di Bali, Jakarta atau Makassar.

“Ke depan kita harus pikirkan koneksi penerbangan ke Ambon, karena itu kami akan mendorong Pemerintah Pusat untuk melihat ini. Kami siap membantu, karena dengan penerbangan langsung dari Ambon ke Darwin maupun sebaliknya, akan ada peluang usaha yang mampu meningkatkan ekonomi bagi masyarakat, khususnya di Kota Ambon,” katanya.

Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler  menyatakan, kerjasama Ambon-Darwin di bidang pariwisata, pendidikan, sosial dan lainnya. “Kerjasama ini akan terus kita tingkatkan mengingat Darwin dan Ambon merupakan sister city. Karena itu kita akan terus melihat peluang dan potensi yang bisa dikembangkan bersama,” katanya.

Syarif juga menyatakan dukungan kegiatan Pesona Indonesia 2019 yang digelar Konsulat RI di Darwin, sekaligus ikut menggelar Ambon Night 2019 yang dipusatkan di Komite Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) Dinah Beach, Darwin. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga