Sekilas Info

Wagub Berharap UKIM Jaga Kredibilitas

ist

KABARTIMURNEWS.COM, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno berharap Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) dapat mempertahankan kredibilitas dan kapabilitas di tengah-tengah masyarakat. UKIM juga diminta lebih terbuka dalam dalam rekrutmen mahasiswa.

“Kami angkatan pertama di UKIM tahun 1985. Saat itu mahasiswanya bukan saja beragama Kristen Protestan, tapi ada yang beragama Islam dan beragama Katolik. Walaupun identitasnya jelas Universitas Kristen, tapi luar biasa sekali kalau hari ini ada mahasiswa yang beragama Muslim, beragama Katolik dan lain-lain juga kuliah di sini,” kata Wagub pada Dies Natalies UKIM ke-34 di Aula UKIM, Sabtu (27/7).

Ketua Alumni UKIM ini, berharap di tengah masyarakat, seluruh civitas akademik,  khususnya mahasiswa UKIM, menunjukan perilaku yang baik. Bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kredibilitas dan kapabilitas harus tetap dijaga.

Mantan bupati Maluku Barat Daya (MBD) ini menyinggung kearifan lokal Maluku yang dapat mempersatukan kemajemukan di daerah yang bertajuk seribu pulau ini. Dia mencontohkan, Kalwedo di MBD, Duan Lolat di MTB, Ain Ni Ain di Kei, Jargaria di Aru, Lolik Lalen Fedak Fena di Buru Selatan, Rete Mena Bara Sehe di Bumi Bupolo Buru, Pamahanu Nusa di Maluku Tengah,  Saka Mese Nusa di SBB, Ita Wotu Nusa di SBT dan Lawamena Haulala di Pulau Ambon.  

Begitu pula, lanjut Orno, dengan Pela Gandong dan Sagu Salempeng Dipatah Dua, yang telah menjadi pranata sosial. Menurutnya ini menjadi perekat hubungan sosial di antara satu negeri baik yang beragama Islam maupun negeri yang beragama Kristen.  

“Kalau saja seluruh civitas akademika di UKIM mempertahankan identitas ini, di mana pun kita berada bisa menyatukan semua orang,” ingatnya kembali. Orno menegaskan, UKIM bisa maju tergantung mahasiswanya dan almamater UKIM. 

Rektor UKIM, Dr Jafet Damamin berharap, dengan  kegiatan-kegiatan yang diperlombakan jelang Dies Natalis ini, akan meningkatkan prestasi UKIM di berbagai bidang.

“Tentu saja kegiatan-kegiatan ini dimaksudkan akan lebih meningkatkan prestasi UKIM bukan hanya di daerah tetapi mewakili UKIM dalam berbagai even, baik peristiwa-peristiwa yang nanti terjadi di daerah, regional atau dan nasional,” kata Damamain.

Dia berharap, kegiatan tersebut akan dapat memotivasi dosen dan mahasiswa untuk terus menerus  meningkatkan prestasi, agar pada gilirannya mewakili UKIM dan mengharumkan nama baik di tengah tengah masyarakat. (KT)

Penulis:

Baca Juga