Sekilas Info

Dua Komisi Diduga Pakai Uang Negara Untuk ‘Tour Siluman’

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Saat ini ada dua komisi di DPRD Kota Ambon yang tidak berada ditempat. Mereka ini diketahui tengah melakukan perjalanan dinas ke luar daerah. Namun, hingga saat ini tidak jelas apa agenda yang dibawakan. Kedua komisi tersebut adalah Komisi II melakukan perjalanan di Kabupaten Maluku Tengah, dan Komisi III Melakukan perjalanan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Kabid PTKP HMI Cabang Ambon, Mizwar Tomagola, mengatakan, ketidakjelasan perjalanan dinas yang dilakukan dua Komisi tersebut merupakan tindakan yang mengecewakan.

"Kira-kira apa yang dilakukan kedua Komisi sehingga harus melakukan perjalanan dinas ke Malteng, dan Maluku Utara, ini namanya pemborosan anggaran yang dilakukan oleh para wakil rakyat, " Paparnya.

Tomagola mengatakan, saat ini sudah masuk masa-masa akhir jabatan Dewan 2014-2019, dikhawatirkan ada persepsi jika para dewan ini menggunakannya untuk melakukan perjalanan 'Siluman'.

"Kan ada lebih dari 10 dewan periode 2014-2019 yang tidak lagi melanjutkan periode akibat gagal di Pileg 2019. Ditakutkan jangan sampai mereka ini melakukan perjalanan hanya untuk mengisi waktu terakhir mereka di akhir masa jabatan saja," singgungnya.

Padahal, sambungnya, dari pada harus melakukan kunjungan dengan biaya negara, lebih baik para dewan melihat persoalan kemasyarakatan yang masih banyak luput dari pandangan Pemerintah Kota Ambon, seperti pendidikan dan lain sebagainya.

"Masalah sosial di masyarakat ini kan sangat banyak yang belum terselesaikan. Dari pada harus melancong tidak jelas, mending anggaran tersebut digunakan untuk persoalan rakyat saja. Hitung-hitung ini merupakan bentuk pengabdian di akhir masa jabatan, " Jelasnya.

Dia juga mengatakan, diakhir masa jabatan DPRD Kota Ambon, banyak sekali perjalanan dinas yang dilakukan oleh DPRD Kota Ambon.

"Beberapa waktu kemarin mereka baru dari luar daerah, sekarang mereka berangkat lagi, ini kan aneh. Kok padat sekali jadwal luar daerah diakhir masa jabatan mereka, " Tutupnnya. (M5)

Penulis:

Baca Juga