Sekilas Info

Dishub Siapkan Sanksi Bagi Mobil Tanpa Garasi

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Ambon, dalam waktu dekat akan segera mengeluarkan peraturan tentang pembelian kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Dimana sebelum membeli kendaraan harus memiliki Garasi terlebih dulu.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Ambon, Robby Sapulette, yang dikonfirmasi sejumlah wartawan pada Minggu (30/6) kemarin mengatakan, jika tidak memiliki garasi namun tetap ngotot untuk membeli kendaraan maka tanggung resikonya.

"Jadi kalau mau beli kendaraan, syaratnya itu harus punya garasi, agar tidak parkir sembarangan. Kalau tidak, kami akan berkoordinasi dengan pihak TNI/Polri untuk melakukan penertiban bagi pemilik kendaraan, " tegasnya.

Tidak hanya itu, selain syarat untuk membeli kendaraan harus memiliki garasi, Syarat yang sama juga akan diberlakukan bagi para pengendara yang ingin membuat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), baik untuk angkut umum, pribadi maupun roda dua.

"Kalau tidak punya garasi untuk kendaraannya, maka sudah pasti pelayanan untuk penertiban STNK tidak akan dilayani. Ini semua kami lakukan agar pemilik kendaraan bisa lebih tertib, dan jangan memarkirkan kendaraan mereka sembarangan dibadan jalan hingga semalaman atau seharian lagi, " Jelasnya.

Semua langkah yang akan dilakukan oleh Dishub tersebut, sambungnya, merupakan upaya guna menertibkan banyak kendaraan yang tidak memiliki garasi, dan sering menggunakan badan jalan guna parkir nginap dibeberapa titik di Kota Ambon.

"Dengan begini maka sudah pasti pemandangan yang ada di setiap badan jalan di Kota Ambon, bisa lebih baik dan kondisi ruas jalan bisa semakin luas, karena sudah tidak ada lagi yang menggunakan sebagian badan jalan untuk parkir nginap, " Terangnya.

Namun, jelasnya, sebelum diterapkan dalam waktu dekat terkait penertiban yang dimaksud, pihaknya terlebih dulu akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Ambon, agar pada saat diberlakukannya penertiban dalam waktu dekat, sudah tidak ada lagi alasan bagi yang terkena razia.

"Sambil menunggu mobil derek dari Jakarta, maka kami akan manfaatkan waktu sisa ini guna melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Nah pada saat mobil dereknya sudah sampai di Kota Ambon, maka langsung kami lakukan penertiban bagi kendaraan yang tidak memiliki garasi, " Terangnya. (M5)

Penulis:

Baca Juga