Sekilas Info

India-Ambon Teken Empat Bidang Kerjasama

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Kedatangan Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeer Kumar Rawat bersama tim ke Kota Ambon, dalam rangka menjalin kerjasama dalam beberapa bidang. Sesuai hasil pertemuan bersama Pemerintah Kota Ambon, diketahui Kedubes India akan bangun kerjasama di empat bidang masing-masing, sumber daya manusia (SDM), bidang pendidikan, bidang pariwisata dan bidang musik.

Dalam kunjungan ke Ambon Kedubes Indina bersama timnya diterima oleh Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler bersama sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Ambon, di ruangan kerja Wakil Walikota Ambon, Balai Kota Ambon, Selasa (25/6).

Duta Besar India untuk Indonesia Pradeer Kumar Rawat, mengatakan, pihaknya telah mendiskusikan dengan Walikota Ambon soal kerjasama yang akan dijalin antara Negara India dan Kota Ambon pada bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM), pendidikan, pariwisata dan musik.

"Bahkan Saya baru tahu ada area kerjasama yang tidak saya pikirkan yaitu kerjasama dalam bidang musik. Bermusik ini sama hal juga dengan kami di India banyak orang-orang India juga suka menyanyi dan orang Ambon juga bermusik seperti itu,"ungkap Pradeer lewat penterjemahnya kepada wartawan.

Wakil Walikota Ambon, Syerief Hadler, mengatakan, kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia Pradeer Kumar Rawat ke Ambon sebagai duta besar India untuk RI sangat bermanfaat. Karena ada beberapa hal yang ditawarkan untuk menjalin kerjasama antara lain di bidang musik, peningkatan SDM untuk ASN.

"Terkait dengan peningkatan SDM, saya kira apa yang disampaikan pak Kumar soal kemungkinan bekerjasama beasiswa untuk beasiswa untuk ASN, bidang keuangan, hospitality, pariwisata dan beberapa hal yang disampaikan itu menjadi kebutuhan pemerintah kota,"kata dia.

Dia mengakui, pihaknya sadar bahwa potensi sumber daya manusia di Kota Ambon yang masih kurang termasuk bidang keuangan dan pariwisata. Walaupun potensinya, cukup banyak tetapi untuk mengelolah menjadi sebuah potensi yang bernilai ekonomi itu yang belum mampu untuk mengelolahnya.

"Saya kira peningkatan sumber daya manusia yang terkait dengan bagaiman kita mengelolah sumber daya kita yang ada di Kota Ambopn dan saya kira itu penting, beasiswa ditanggung Pemerintah India,sampai dengan akomodasi dan tiket dan saya kira itu sesuatu yang positif kita sambut itu,"kata Hadler.

Selain sejumlah kerjasama itu, akui Hadler, pihaknya berncana untuk menjalin kerjasa sama dengan Ibu Kota New Delhi ini sebagai "sister city" atau kota kembar.

"Apa salahnya jadi kota kembar atau kota sister city antara Ambon dan salah satu kota di India,"katanya. (MG2)

Penulis:

Baca Juga