Sekilas Info

Waspada Calo Penerimaan Siswa Baru

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, diharapkan bisa secara intensif dalam mengawal proses penerimaan Siswa baru mulai dari tingkatan Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pengawasan penting dilakukan untuk menjamin profesionalitas.

Anggota Komisi II DPRD kota Ambon, Saidna Azhar Bin Tahir, yang mengatakan, penerimaan siswa baru di Kota Ambon, khususnya SD dan SMP harus menghindari hal-hal diluar prosedur, seperti kecuarangan atau KKN.

"Proses pengawalan terhadap penerimaan Siswa baru harus dikawal dengan ketat agar menghindari pungutan liar dalam bentuk apapun saat penerimaan siswa baru, makanya peran Disdik sangatlah penting," terangnya.

Dikatakan, penerimaan siswa baru tahun 2019 kali ini harus bersih dari kasus. Semua harus memantau praktek pengutan yang membebani orang tua siswa.

"Kami selalu meminta kepada Dinas Pendidikan, agar bisa lebih intens melakukan fungsi pengawasan di bidang pendidikan, "Kata Bin Tahir.

Apalagi, sambungnya, di Kota Ambon, ada beberapa sekolah unggulan yang menjadi rebutan dan kuota penerimaannya terbatas. Disdik harus mendata mana saja sekolah unggulan yang diminitai oleh banyak orang-orang tua siswa guna menyekolahkan anaknya.

"Jika tidak diawasi bisa saja ada oknum tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan peluang ini menjadi calo dengan jaminan kelolosan siswa," ungkapnya. (M5)

Penulis:

Baca Juga