Sekilas Info

Sirimau Jadi Kawasan Paling Rawan

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Musim penghujan tahun 2019, yang diperkirakan akan berlangsung selama bulan Juni hingga Juli mendatang, beberapa lokasi didata sebagai kawasan rawan bencana. Salah satunya kecamatan Sirimau, wilayah ini dinilai paling rawan terjadi banjir dan tanah longsor.

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon Eva Tuhumuri mengatakan, diantara semua kecamatan yang ada di Kota Ambon, Sirimau menjadi salah satu tempat rawan bencana.

Dijelaskannya, penilaian itu dikarenakan banyak pemukiman di lereng gunung atau di bukit-bukit. Hal itu sangat berpotensi terjadi bencana seperti longsong.

“Kita lihat sendiri, banyak masyarakat membangun rumah dibawah ataupun diatas bukit, jadi potensinya sangat bahaya,” terangnya.

Tuhumuri mengatakan, dampak dari hujan yang terus mengguyur Kota Ambon selama beberapa waktu ini, menyebabkan terjadi longsor di 39 titik

“kerusakan yang telah terjadi di Kota Ambon, akibat bencana kami sudah melakukan penanganan dalam bentuk bantuan kepada para korban bencana. BPBD juga telah membuat himbauan sebagai langkah antisipasi bencana,” jelasnya. (Mg5)

Penulis:

Baca Juga