Sekilas Info

Maluku Masih Butuh Banyak Kapal

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan Maluku masih membutuhkan banyak kapal.

Kapal yang dimaksud mantan Dankor Brimob Polri itu adalah kapal jenis perintis. Apalagi Maluku merupakan daerah yang memiliki banyak pulau dan dikelilingi lautan.

"Kapal perintis yang melayani wilayah Maluku saat ini masih kurang,"ujarnya Selasa.

Berapa banyak kapal perintis yang masih di butuhkan Maluku, Murad mengatakan masih membutuhkan dalam jumlah yang banyak.

"Butuh banyak, lihat kondisi saat ini, satu bulan sekali baru ada kapal dari Aru, dari MTB. Sekarang saya jadi Gubernur, harus saya lakukan apa yang dulu pernah saya sarankan kepada Pelni dan Gubernur (era sebelumnya). Mari bersaing secara sehat semua demi kepentingan orang Maluku dan masyarakat Maluku,"tuturnya.

Ditambahkan, dirinya akan meminta jika ada perusahan-perusahan pelayaran di Maluku jangan hanya dikuasai satu orang, beberapa perusahan lain harus juga diterima, karena nanti masyarakat yang susah.

“Bukan apa-apa, boleh mereka bersiang dalam kerja tapi jangan sampai masyarakat susah," katanya.

Semakin banyak perusahan yang masuk, menurutnya jauh lebih baik karena demi kepentingan masyarakat.

"Kalau yang satu (perusahan kapal) bisa kasi kapal 1.000 (unit) nggak ada masalah, kalau dia kapalnya cuma 10-20 (unit), harus ada perusahan lain juga boleh masuk, untuk kepentingan masyarakat, bukan kepentingan perusahan,"sebutnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga