Sekilas Info

Dewan Minta Walikota Ganti Kadis Pendidikan

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Diduga tidak pernah menghadiri panggilan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, maka Walikota Ambon diminta untuk segera mencopot jabatan Kadis Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatallohy dari jabatannya.

Pernyataan tegas ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, kepada wartawan Selasa (7/5) kemarin. Menurut Latupono, Fahmi Salatallohy sering tidak mengindahkan undangan pertemuan yang diberikan komisi tanpa alasan yang jelas.

"Kadis Pendidikan ini harus diganti cepat. Kalau bisa selaku pimpinan saya memintanya kepada Walikota Ambon untuk mengevaluasi kadis pendidikan, agar bisa secepatnya diganti karena Kadis Pendidikan ini juga tidak memiliki kinerja yang baik dalam menyelesaikan persoalan pendidikan di Kota Ambon,"Jelasnya.

Menurutnya, Fahmi Salatallohy, dianggap sangat tidak peduli dengan kondisi atau personal pendidikan yang ada di Kota Ambon.

"Buktinya dia selalu alpa jika diundang untuk pertemuan dalam membahas segala persoalan yang menyangkut pendidikan. Kalau sudah seperti itu mending ganti saja kadisnya," Jelasnya.

Selain itu, Latupono juga mengaku, tidak hadirnya Kadis Pendidikan dalam setiap agenda yang dilakukan oleh DPRD kota Ambon, membuat pihaknya menganggap kalau Fahmi Salatallohy, dinilai sangat tidak menghargai lembaga rakyat tersebut. "Sama saja dengan Kadis Pendidikan melecehkan DPRD,sebab dia tidak pernah Indahkan pertemuan dengan dewan,"Jelasnnya.

Akibat sering malas menghadiri rapat pertemuan dengan DPRD Kota Ambon, sehingga membuat banyak masalah pendidikan yang ada di kota Ambon belum bisa terselesaikan hingga saat ini."Seperti persoalan guru kontrak yang upahnya tidak dibayar saja belum bisa diatasi,"paparnya.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, John Mainake mengaku, tindakan malas menghadiri undangan pertemuan dengan DPRD kota Ambon, memang sering dilakukan oleh Fahmi Salatallohy, untuk itu, jika kasus pendidikan tidak mengubah perilakunya otomatis Komisi akan segera mengeluarkan rekomendasikan politiknya.

"Buktinya pada hari ini (kemarin) Seluruh anggota komisi sudah hadir untuk melakukan pertemuan dengan Kadis Pendidikan, membahas persoalan UNBK , namun tunggu hingga beberapa jam dia tidak hadir. kalau seperti ini maka komisi bisa saja melayangkan rekomendasikan untuk meminta walikota mengevaluasi pak Fahmi,"Ungkapnya. (Mg5)

Penulis:

Baca Juga