Sekilas Info

Bagi Bunga dan Goyang Tobelo Warnai Hardiknas di Ambon

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pembagian bunga oleh para siswa kepada guru mereka serta aksi goyang Tobelo secara spontanitas mewarnai peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 di Kota Ambon, Maluku, Kamis pagi.

Pantauan Antara para siswa sekolah dasar (SD), SMP maupun SMA dan sederajat telah hadir di sekolah masing-masing sejak pukul 06.30 WIT dengan membawa beraneka bunga yang telah dipersiapkan. Para siswa akan mengikuti upacara peringatan yang dimulai pukul 07.00 WIT.

Pada beberapa sekolah siswa dan guru diwajibkan memakai "baju cele" bermotif kotak-kotak yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Ambon sebagai seragam wajib digunakan siswa dan guru pada setiap hari Kamis.

Usai upacara, para siswa secara spontan membagikan bunga yang telah dibawa kepada wali kelas maupun guru lainnya sebagai ungkapan terima kasih atas jasa "pahlawan tanpa tanda jasa" tersebut.

Siswa dan guru juga melakukan aksi goyang Tobelo secara spontan di lapangan upacara, sehingga membuat suasana semakin meriah dan semarak.

Aksi "Goyang Tobelo" yang hampir sejenis dengan goyang poco-poco saat ini sedang tren di Kota Ambon dan sekitarnya, dan dilakukan secara spontan dalam berbagai kegiatan, termasuk dilombakan untuk memacu kreativitas remaja dan generasi muda di ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Pada sekolah tertentu, usai upacara, pembagian bunga dan Goyang Tobelo, juga dilakukan makan bersama siswa dan guru untuk menumbuhkan keakraban dan persaudaraan. Beraneka kue dan makanan dibawa siswa dari rumah masing-masing. Menunya juga bervariasi.

Peringatan Hardiknas setiap tahun turut memberikan keuntungan bagi para penjual bunga dadakan di Kota Ambon. Para pedagang menjual beraneka bunga pada sejumlah ruas jalan di Kota Ambon diantaranya di ruas jalan AY. Patty dan Jln. Pattimura.

Beberapa pasar swalayan juga turut menjual.  Harga bunga dijual pedagang berkisar antara Rp15.000 hingga Rp50.000 tergantung jenis bunga serta hiasan yang digunakan, di antaranya plastik pembungkus, macam-macam pita serta aneka hiasan lainnya.

Beberapa pelayan toko  juga memanfaatkan momentum perayaan Hardiknas dengan menjual aneka bunga yang telah dihias dengan harga rata-rata Rp25.000 per tangkai.

Peringatan Hardiknas juga semakin meriah dan semarak dengan beragam lomba yang digelar pihak sekolah dan diikuti siswa berbagai tingkatan.

Sedangkan peringatan Hardiknas Tingkat Provinsi Maluku, dipusatkan kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon Pukul 09.00 WIT dan dipimpin Gubernur Maluku Murad Ismail sebagai inspektur upacara.

Tahun ini merupakan peringatan Hardiknas pertama bagi pasangan Murad ismail - Barnabas Orno paska dilantik sebagai Gubernur - Wakil Gubernur Maluku periode 2019 - 2024 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara 24 April 2019. (AN/K)

Penulis:

Baca Juga