Sekilas Info

Tinta e-KTP Habis, Disdukcapil: Tak Ada Kepastian

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Tinta khusus atau ribbon yang diggunakan untuk mencetak elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) mengalami kekosongan di semua daerah di Indonesia termasuk Kota Ambon. Menyikapi hal ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon sementara menerbitkan Kartu Tanda Penduduk Sementara (KTPs).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kota Ambon Marsella Haurissa, kepada wartawan di Ambon, pekan lalu, mengatakan, untuk blanko e-KTP persediaannya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Ambon, hanya, yang menjadi kendala saat ini yakni kosongnya tinta ribon atau tinta khusus cetak e-KTP.

Haurissa mengatakan, tinta khusus atau ribbon ini biasanya diggunakan untuk mencetak e-KTP kurang lebih sekitar 500 keping e-KTP.

"Capil sementara mengeluarkan KTP-s sambil menunggu tersediannya tinta tersebut. Ketika tinta itu ada maka kita akan segera menerbitkan e-KTP,"janji Haurissa.

Haurissa mengakui, tinta ribbon ini diperoleh dari pihak ketiga di mna pihak ketigapun memesan tinta khusus ini dari luar negeri tepatnya Amerika Serikat, sehingga proses untuk mencetak e-KTPpun belum bisa dilakukan pihaknya.

"Kami tidak bisa menjamin berapa lama, kami ingin secepatnya tapi inikan lewat pihak ketiga dan pihak ketiga juga memesan dari luar negeri. Kami menunggu dan kami mencoba pihak ketiga segera, karena warga Kota Ambon sangat membutuhkan e-KTP,"jelas Haurissa.

Karena memang kata Haurissa lagi, sekarang ini tinta ribbonnya kosong, karena memang produksi ribbon tidak ada di Kota Ambon. Proses pemesanannya harus dipesan dari Jakarta,"Tapi saat ini di Jakarta juga mengalami hal yang sama karena harus menunggu dari Amerika Serikat,"terangnya. (MG2)

Penulis:

Baca Juga