Sekilas Info

Mendagri Tekankan Tiga Poin Penting Dalam OTDA

Tjahjo Kumolo

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON -  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menekankan tiga hal penting yang mendasar setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah.

Dalam sambutan Mendagri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Sekretaris Kota (Setkot) Ambon Anthony Gustav.Latuheru menjelaskan, hal yang pertama yakni Otonomi Daerah secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

"Otonomi Daerah juga memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintahan daerah dari sentralistik birokratis ke arah sentralistik partispatoris, dengan tetap dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),"jelas Latuheru yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan OTDA, di Lapangan Upacara Balai Kota Ambon, Kamis (25/4).

Kedua otonomi daerah telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul, sebut Latuheru, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat.

"Dengan demikian, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk turut membangun daerahnya,"katanya.

Latuheru menjelaskan, hal yang ketiga, dengan adanya desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat. Tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit tetapi menjadi sangat efisien dan responsif.

Lanjut Latuheru mengemukakan, melalui kebijakan disentralisasi pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola dan menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah.

"Dengan demikian, maka berbagai aktivitas ekonomi di daerah dapat bertumbuh dengan pesatnya,"imbuhnya. (MG2)

Penulis:

Baca Juga