Sekilas Info

Musim Penghujan, Warga Waspada Longsor dan Banjir

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Ambon mengimbau warga kota untuk siaga dan mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor.

"Memasuki musim penghujan  bulan April hingga Juli, masyarakat diimbau untuk mewaspadai bencana alam yang sewaktu-waktu bisa mengancam alam dan lingkungan sekitar," kata Sekretaris BPBD kota Ambon, Eva Tuhumury, dii Ambon. Jumat.

Ia mengatakan, curah hujan dengan intensitas tinggi berpotensi mengguyur kota Ambon periode Mei hingga Juli, karena itu warga diminta waspada dan rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal.

Hujan dengan intensitas tinggi berdampak pada terjadinya tanah longsor dan banjir, karena itu warga diminta untuk memperhatikan lingkungan tempat tinggal.

"Masyarakat harus siaga menghadapi ancaman bencana alam, mengingat intensitas hujan pada beberapa bulan ke depan tinggi dan dalam tenggat waktu lama, karena itu warga diminta untuk memperhatikan selokan dan jalur air, tidak membuang sampah ke sungai dan lereng gunung agar terhindar dari potensi bencana banjir dan tanah longsor," katanya.

Eva menjelaskan, kota Ambon merupakan kawasan rawan bencana banjir dan longsor, karena sebagian kawasan topografi berbukit dan dekat dengan jalur sungai.

Menurut dia, wilayah kota Ambon 20 persen topografi berbukit yang rawan bencana tanah longsor, selain itu terdapat lima sungai besar yang juga berpotensi banjir.

"Lima sungai di Ambon berdekatan dengan pemukiman warga, sedangkan kawasan yang berbukit juga bereda pada posisi kemiringan yang bisa menimbulkan bencana longsor, karena itu masyarakat diminta untuk jauhi daerah rawan bencana ke lokasi yang lebih aman, agar terhindar dan terlindungi dari bencana," ujarnya.

Dia mengakui curah hujan tinggi yang mengguyur kota Ambon dalam lima hari terakhir pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat akan sejumlah kawasan yang terancam longsor.

"Laporan yang kami terima dari masyarakat yakni di BTN Kanawa RT 01/05 yakni terjadi tanah longsor. Petugas BPBD juga telah merespons laporan bencana dari masyarakat dengan memberikan bantuan terpal untuk menutupi longsoran di kawasan BTN Kanawa," ujarnya. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga