Sekilas Info

Marka Parkir MCM Dicabut

DPRD: Dishub dan MCM Jangan Lepas Tangan

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pintu depan Pusat Perbelanjaan Maluku City Mall (MCM), yang berhadapan langsung dengan jalan Jenderal Sudirman, kembali dipadati dengan parkir liar kendaraan bermotor. Padahal kawasan tersebut telah dipasang rambu larang parkir.

Kawasan depan MCM tersebut memang pernah menjadi polemik lantaran Dinas Perhubungan Kota Ambon membuat marka parkir dengan tujuan menghindari Parkir liar. Namun saat ini Dinas yang dipimpin Robby Sapulette itu telah mencabut marka parkir mereka karena sesuai intruksi Walikota Ambon, itu sangat tidai mendukung semangat investor di kota Ambon.

Namun masalah masih berlangsung, kebiasan memarkir tersebut belum juga hilang. Hingga kini kawasan depan MCM masih dikerumuni pemandangan parkir liar. Kondisi tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan penyempitan jalan yang berdampak pada keselamatan pengendara di jalan Jendral Sudirman.

Menanggapi persoalan tersebut, Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Lucky Upulatu Nikijuluw mengatakan, walaupun Dishub telah mencabut marka parkir yang awalnya dipasang, namun bukan berarti harus lepas tanggungjawab dalam sisi pengawasan.

"Kami sangat mendukung Dishub dalam menghapus marka parkir mereka, sebab itu sangat membahayakan pengendara baik roda dua maupun empat. Tapi bukan berarti lepas tangan dari persoalan ini, mestinya Dishub memasang petugas dikawasan itu, agar mengawasi sehingga tidak ada parkir liar yang berkembang, "jelasnya.
Selain untuk Dishub, himbauan juga diberikan kepada pihak pengelola MCM. Nikijuluw yang juga Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Ambon ini meminta MCM untuk melakukan koordinasi dengan Dishub Ambon dalam menyelesaikan persoalan ini.

"MCM telah mengajukan keberatan kepada Walikota Ambon, terhadap marka parkir Dishub, dan sekarang sudah dikabulkan keberatan mereka. Nah, saat ini untuk mencegah adanya parkir liar, maka MCM harus berkoordinasi dengan Dishub agar bagaimana bisa menempatkan petugas untuk mengawasi kawasan itu, "paparnya.

Kata Nikijuluw, jika tidak diselesaikan polemik tentang parkir liar dikawasan Jalan Sudirman tepatnya di depan MCM Tantui Kota Ambon, maka otomatis potensi untuk terjadinya Lakalantas dikawasan tersebut tidak bisa terhindarkan.
"Ini juga masyarakat harus sadar, sudah ada tempat parkir yang disediakan, maka jangan gunakan tempat parkir liar," tegasnya. (Mg5)

Penulis:

Baca Juga