Sekilas Info

Desa Sangat Tertinggal di Maluku Tersisa 333 Desa

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - PLH Gubernur Maluku, Hamin bin Thahir mengungkapkan desa sangat tertinggal di Maluku Tahun 2018 semakin berkurang jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu.

Hal ini diungkapkannya melalui sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan Setda Provinsi Maluku, Abdul Halim Daties saat membuka Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa Tahap I Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2019 di Amans Hotel, Ambon, Senin (1/4) kemarin.

Dijelaskan, tahun 2018, jumlah desa sangat tertinggal di Maluku tercatat sebanyak 333 desa. Sedangkan di tahun 2015, desa sangat tertinggal di Maluku tercatat sebanyak 479 desa.

Sementara untuk kategori desa tertinggal di Maluku Tahun 2018 tidak terjadi perubahan yang signifikan. Di tahun 2018 tercatat sebanyak 573 desa tertinggal di Maluku jika dibandingkan tahun 2015 sebanyak 583 desa.

Untuk desa berkembang mengalami peningkatan. Tahun 2015, desa berkembang di Maluku sebanyak 150 desa, sementara tahun 2018 meningkat menjadi 229 desa.

Begitu juga dengan desa maju, mengalami peningkatan dalam kurun tiga tahun terakhir, dari hanya 16 desa di tahun 2015 meningkat menjadi 50 desa di tahun 2018.

Sedangkan untuk Desa Mandiri, dikatakannya tahun 2018 Maluku mempunya empat desa mandiri. Sementara jika dibandingkan dengan tahun 2015, saat itu di Maluku belum ada satupun desa mandiri.

"Kemajuan desa-desa yang ada di Maluku secara perlahan mulai terasa sebagai dampak pelaksanaan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan pemanfaatan Dana Desa,"ucapnya.

Menurutnya, perkembangan ini wajib disyukuri dan lebih dari itu menjadi motivasi bagi semua pemangku kepentingan untuk terus berupaya meningkatkan capaian-capaian yang telah ditetapkan sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat khususnya Kementerian Desa, PDTT sesuai arah dan kebijakan daerah provinsi Maluku.

“Kita semua berterika kasih dengan dukungan pemerintah pusat dan peran serta pemerintah daerah kabupaten/kota, kini seluruh desa, negeri dan ohoi di negeri seribu pulau ini semakin bersemangat dalam menata desa dan memajukan warganya,”tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga