Sekilas Info

Enam Puskesmas di Ambon Akan Akreditas

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dari 22 puskesmas di Kota Ambon, sebanyak enam puskesmas akan diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wenddy Pelupessy, menyatakan, pada tahun 2019 ini dari 22 puskesmas di Kota Ambon 16 diantaranya sudah terakreditas sejak tahun 2016, tersisa enam puskesmas yang akan diakreditas di tahun ini.

"Keenam puskesmas teresbut adalah Puskesmas Latuhalat, Air Salobar, Kayu Putih, Halong, Air Besar dan Kilang," ungkap Pelupessy kepada wartawan di Ambon, kemarin.

Pelupessy menjelaskan, ada sejumlah penilaian yang dinilai yakni kelengkapan dokumen sebanyak 776 elemen misalkan, pelayanan di dalam puskesmas, dan administrasi puskesmas

Selain itu gedung, juga masuk dalam elemen penilaian, sarana-prasarana di puskesmas dan sumber daya manusia (sdm).

"Penilaian itu biasanya dilakukan pada bulan Oktober atau November. Sehingga puskesmas punya waktu menyiapkan dokumen-dokumen untuk memenuhi persyaratan selama delapan atau sembilan bulan, sebelum tim datang untuk menilai akreditas,"terang Pelupessy.

Selain enam puskesmas yang akan diakreditasi, akui Pelupessy, dalam tahun ini akreditas juga akan dilakukan tahapan reakreditas atau akreditas ulang. Puskesmas yang sudah dinyatakan lulus sejak tiga tahun lalu akan dinilai ulang oleh tim survevisor akreditas independen Kemenkes RI.

"Ada tiga puskesmas yang akan dilakukan reakreditas yaitu Puskesmas Waihaong, Waihoka, dan Tiahahu,"jelas Pelupessy. (MG2)

Penulis:

Baca Juga