Sekilas Info

Pemkot Siapkan Internet Gratis di 12 Kelurahan

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Kota Ambon menyiapkan layanan internet gratis di 12 lokasi kelurahan yang akan ditetapkan sesuai Rencana Strategis (Renstra) tahun 2019.

"Jaringan internet akan dipasang di 12 kelurahan dari total 20 kelurahan di kota Ambon," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Joy Reiner Adriaanzs, kemarin.

Menurut dia, 12 kelurahan yang akan dipasang layanan internet gratis belum ditetapkan karena akan diawali dengan penilaian kelurahan yang pelayanan publik terbaik. "Kelurahan yang telah siap dengan pelayanan publik dan penilaian bagus akan di prioritaskan tetapi kalau pelayanan belum di benahi secara baik maka tidak di prioritaskan," katanya.

Joy menyatakan, selama ini akses internet khususnya jaringan wifi di Ambon baru sebatas di perkantoran dan pusat pendidikan sedangkan fasilitas umum belum bisa dijangkau masyarakat secara murah bahkan gratis. "Masyarakat terutama para pelajar kesulitan mengakses internet karena harus ke warnet dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, sementara peluang untuk akses wifi di lokasi pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya masih terkendala," ujarnya.

Pemkot Ambon di tahun 2018 telah meluncurkan program Ambon menuju kota pintar (smart city) guna memudahkan penggunaan dan penyiapan teknologi informasi.

Peluncuran program Ambon menuju kota pintar semata-mata untuk pendekatan pelayanan publik, seiring dengan langkah inovasi yang menjadi ciri penyelengaraan pemerintah.

Peluncuran program tersebut juga mendapat respon positif dari PT Telkom Witel Maluku yakni dukungan pemberian wifi service di sembilan lokasi di Ambon.

Layanan wifi service di sembilan lokasi sebanyak 10 titik akses, diantaranya kawasan Pattimura park, halaman Balai kota, tugu Leimena Poka, area kantor kecamatan Teluk Ambon, Baguala dan kantor Dispendukcapil. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga