Antrian Haji 10 Tahun 4000 Orang

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Daftar tunggu calon jemaah haji di Kota Ambon mencapai angka lebih 4000 orang hingga tahun 2019.

Kantor Kementerian Agama Kota Ambon menyatakan hingga saat ini tercatat 4.000 lebih warga muslim antri menunggu giliran menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

"Kalau dihitung berdasarkan kuota yang ada sekarang ini setiap tahun untuk Kota Ambon 368 orang, maka daftar tunggu calon haji Kota Ambon hingga tahun 2029 ke depan atau 10 tahun," kata Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Wahab Putuhena di Ambon, Rabu (27/2).

Daftar tunggu calon haji itu masih bisa berubah mengingat setiap hari masih ada warga muslim yang mendaftar untuk berhaji.

Kata Wahab, setiap hari sedikitnya 10 orang datang ke Kantor Kementerian Agama untuk mendaftar berhaji.
"Kita juga patut bersyukur bahwa terjadi penambahan kuota untuk Indonesia di tahun haji 2017," katanya.

Dengan penambahan kuota, daftar tunggu calon haji Kota Ambon yang sebelumnya 246 orang setiap tahun keberangkatan ke Tanah Suci menjadi 368 orang. Wahab berharap kuota haji untuk Kota Ambon masih bisa bertambah.

Terkait kesiapan pelaksanaan haji tahun 2019, kata Wahab, saat ini otoritas masih melakukan pelbagai persiapan. Persiapan pemberangkatan jamaah haji antara lain meliputi penyelesaian pembuatan paspor, pemeriksaan kesehatan, serta manasik bagi jamaah calon haji. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga