2019 Rumah Sakit Pratama Difungsikan

Puskesmas Oki Baru di Desa Oki Baru Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan. MARLON SAHETAPY/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Direncanakan tahun ini, Rumah Sakit Pratama di Desa Fogi, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan difungsikan.

”Untuk Rumah Sakit Pratama yang kita bangun di desa Fogi kecamatan Kepala Madan,  kita upayakan dalam tahun ini juga harus difungsikan. Karena ini untuk memperpendek rentang kendali pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (KDPPKB) Kabupaten Buru Selatan Ibrahim Banda di Namrole, belum lama ini.

Pembangunan rumah sakit tersebut dibiayai melalui dana alokasi khusus tahun 2018 ini dalam tahap penyelesaian. ”Pekerjaanya hampir selesai dan tinggal finishing saja,” ungkapnya.

Berbagai sarana dan prasarana maupun peralatan pendukung rumah sakit juga sudah disiapkan termasuk tenaga medis. “Kita upayakan dalam tahun ini juga rumah sakit itu sudah harus difungsikan. Alat-alat kesehatannya sudah siap, termasuk dokter yang akan bertugas di rumah sakit tersebut,” kata Banda.

Kata dia, dua tenaga dokter saat ini masih melayani di Puskesmas Biloro tepatnya di Ibu Kota Kecamatan Kepala Madan. “Keduanya akan melaksanakan tugas juga di RS Pratama. Artinya pekerjaan akan mobile karena harus melayani di Puskesmas Biloro, tetapi juga akan melayani di RS Pratama,” jelas Banda.

Sekedar tahu, Pemerintah Kabupaten Buru Selatan lewat Dinas Kesehatan pada tahun 2018 membangun Rumah Sakit Pratama di Desa Fogi Kecamatan Kepala Madan. Infrastruktur kesehatan ini  untuk membantu melayani masyarakat di wilayah tersebut. Karena jangkauan Kecamatan Kepala Madan ke pusat Kota Namrole sangat jauh bila masyarakat ingin berobat ke RSUD Namrole. (KTL)

Penulis:

Baca Juga