Sekilas Info

Listrik Padam Bergilir, Warga Resah

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Permasalahan listrik di Namrole tak kunjung berakhir. Warga di ibu kota Kabupaten  Buru Selatan itu, terus dibuat resah, pemadaman bergilir masih saja terjadi.

Pemadaman listrik bergilir oleh PLN Namrole, banjir kecaman warga. Ahmad, warga Desa Labuang, Kota Namrole mengaku kecewa dengan pelayanan perusahaan plat merah tersebut.

“Pemadaman listrik bergilir terjadi hampir dua minggu terakhir,” keluh Ahmad kepada Kabar Timur di Namrole, kemarin.

Apalagi saat ini di tengah-tengah umat Kristiani sementara menjalankan ibadah minggu-minggu adventus menyambut perayaan Natal seharusnya, PLN Namrole tidak melakukan pemadaman listrik.

“Ini yang kita tidak inginkan. Saat ini ada ibadah-ibadah natal maupun lainnya yang dilakukan basudara Kristen sebelum memasuki puncak perayaan Natal pada 25 Desember mendatang,” tuturnya.

Bukan hanya itu, aktivitas ekonomi dan penyelengaraan pemerintahan Kabupaten Buru Selatan di Kota Namrole juga terganggu dengan pemadaman listrik. “Sudah pasti penyelenggaraan pemerintahan dan aktivitas ekonomi masyarakat di Namrole terganggu akibat pemadaman listrik,” kecam dia.

Parahnya ungkap dia, pemadaman listrik yang dilakukan PLN Ranting Namrole dalam sehari bisa terjadi dua sampai tiga kali. Hal ini menyebabkan peralatan elektronik milik masyarakat rusak.

Menurutnya pelayanan PLN  di Bursel sangat buruk. Bagaimana tidak, permasalahan listrik sudah terjadi hampir 10 tahun sejak kabupaten dengan semboyan Lolik Lalen Fedak Fena itu  menjadi daerah otonom sendiri.

Untuk memuntaskan krisis listrik, dia meminta PLN menambah mesin pembangkit agar dapat melayani permintaan listrik di Namrole. “Pemda Bursel sudah hibah dua mesin pembangkit listrik ke PLN Rating Namrole. Namun hal tersebut belum bisa mengatasi masalah listrik. Padahal Namrole merupakan ibu kota Kabupaten. Kalau di ibu kota kabupaten saja sudah terjadi demikian, bagaimana dengan kecamatan-kecamatan yang lain,” pungkasnya.

Belum diketahui penyebab pemadaman listrik bergilir. Kepala Kantor PLN Unit Pelayanan Namrole  Sumardi Karim belum berhasil dikonfirmasi Kabar Timur terkait masalah ini. (KTL)

Penulis:

Baca Juga