Sekilas Info

Harga Ikan Cakalang Terus Naik

ILustrasi

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Harga ikan cakalang segar di pasar ikan Arumbai kawasan pasar Mardika mulai bergerak naik.

Pantauan di pasar Arumbai, Senin (22/10), pedagang ikan mulai menaikan harga ikan cakalang segar yang ukuran besar mencapai Rp110.000/ekor, atau naik dari sebelumnya Rp80.000.

“Ikan cakalang segar sejak beberapa hari belakangan tidak masuk ke pasar dari desa-desa nelayan sehingga mempengaruhi harga jual kepada warga Kota Ambon,” kata Jusuf penadah di pasar Arumbai.

Ukuran yang biasanya dijual Rp45.000 hingga Rp50.000 terpaksa dijual  Rp60.000 per ekor.

Selain itu banyak pedagang palele yang biasanya menjual ikan segar juga banyak yang tidak berjualan. Hanya sedikit yang berjualan ikan cakalang segar maupun ikan tatihu.

Menurut Jufuf, mahalnya harga ikan cakalang, akibatnya banyak warga membeli ikan momar dan kawalinya yang harganya relatf murah.

Harga ikan sembung jenis momar dan kawalinya yang ditawarkan para pedagang di pasar ikan Arumbay, maupun di pasar ikan Batumerah masih terbilang murah sebab berkisar antara 13 hingga 15 ekor untuk ikan momar dipatok harga Rp20.000/tumpuk, kalau ukuran agak kecil di patok harga Rp10.000/tumpuk.

“Sekarang ini yang lagi membaik hanya harga telur ayam ras yang bergerak turun walaupun bervariasi mulai dari Rp1.400 hingga Rp1.600/butir, tergantung ukuran,” kata Ruben, pedagang I Pasar Mardika.

Begitu juga dengan daging ayam beku yang selama ini dipasok dari Surabaya, lanjutnya, selalu saja bervariasi tetapi sudah satu minggu ini masih bertahan dengan harga Rp35.000/Kg. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga