Sekilas Info

Bhabinkamtibmas Bukan Dilayani Masyarakat

husen toisuta/KABAR TIMURnews

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON- Menjadi garda terdepan Polri, peran Bhabinkamtibmas sangat penting, bukan untuk dilayani, tapi sebaliknya harus mampu melayani masyarakat.

Sebanyak 564 orang anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Jajaran Polda Maluku, mengikuti Apel Bhabinkamtibmas yang berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura Ambon, Selasa (25/9).

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa, dalam arahannya menyampaikan, sebagai ujung tombak Polri di lapangan, Bhabinkamtibmas harus memiliki enam kemampuan. “Bhabinkamtibmas bukan untuk dilayani, tapi hadir untuk melayani masyarakat,” tegas Lumowa.

Dia meminta Bhabinkamtibmas untuk memiliki kemampuan seperti mampu menguasai Media Sosial. “Bhabinkamtibmas harus memiliki akun media sosial dan mampu mengoperasionalkannya,” pinta Lumowa. Bhabinkamtibmas, lanjut Lumowa, harus mampu melakukan deteksi dini terhadap beragam isu yang bisa mengganggu Kamtibmas, serta melakukan pencegahan dan penanganan konflik sosial.

Berada di dalam masyarakat, mantan Kakor Lantas Polri itu minta setiap personel bisa menguasai teknik-teknik penyuluhan, dan membaca adanya Deradikalisme di wilayahnya. “Ke enam, Bhabinkamtibmas harus mampu melakukan pendekatan - pendekatan dengan tokoh - tokoh sentral di desanya dan memberikan informasi sekecil apapun mangenai kamtibmas dalam bentuk laporan informasi,” tegas Lumowa.

Apel Bhabinkamtibmas bertujuan untuk memberikan pelatihan peningkatan kemampuan, yang Promoter dan siap mengamankan Agenda Kamtibmas tahun 2018 dan 2019, mendatang.

Ia berharap, kehadiran Bhabinkamtibmas dapat melakukan perubahan pemikiran negatif dan kultural yang harmonis, simpatik, konsisten serta mampu berinovatif, untuk membantu warga masyarakat di desa binaannya.

“Personel Bhabinkamtibmas, harus memiliki kemampuan dan pemahaman tentang tugas dan cara mengelola media informasi secara efektif dan mampu mengembalikan kepercayaan dan citra Polri di dalam masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui, 564 Bhabinkamtibmas yang hadir mencakup 9 Kapolres jajaran, 9 Kasat Binmas Polres jajaran, 10 personel Dit Binmas, 11 Personel SPN Polda Maluku, dan 111 Personel Polres Ambon.

“Selain itu juga dari 49 personel Polres Malteng, 50 Personel Polres SBB, 39 personel Polres SBT, 44 personel Polres Pulau Buru, 33 personel Polres Maluku Tenggara, 99 personel Polres MTB, 26 Personel Polres Aru dan 74 personel Polres MBD,” tambah Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Muhamad Roem Ohoirat, kemarin.

Dalam Apel Bhabinkamtibmas yang diikuti ratusan personel itu, tampak hadir Irwasda Polda Maluku Kombes Pol. Purwolelono, dan Para Pejabat Utama Polda Maluku. (CR1)

Penulis:

Baca Juga